October 14, 2024
POLHUKAM

KPU Denpasar Terima Logistik 507.697 Surat Suara DPR RI

Denpasar-kabarbalihits

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Denpasar menerima logistik Pemilu 2024 berupa surat suara DPR RI Provinsi Bali Dapil Denpasar sebanyak 1.014 dus, dari perusahaan cetak logistik Pemilu 2024 di kawasan Ubung, Denpasar, pada Rabu (6/12/2023).

Menurut Anggota KPU Denpasar Divisi Teknis Penyelenggaraan, Megawati Purnama Sari Wijaya, sebanyak 1.014 dus surat suara DPR RI telah didistribusikan ke Gudang Logistik Lapangan Kompyang Sujana, Denpasar, dimana dalam tiap dusnya berisi 500 lembar surat suara.

Dengan kebutuhan 506.697 lembar surat suara, KPU Denpasar telah mencadangkan 2 dus atau 1000 surat suara jika terjadi pemungutan suara ulang (PSU), sehingga KPU Denpasar menyiapkan total 507.697 lembar surat suara.

“disiapkan dua dus, 1 dus sama isinya 500 lembar surat suara. Artinya kami memliliki 1000 surat suara untuk pemungutan suara ulang apabila memang memerlukan pemungutan suara ulang,” kata Megawati mewakili Ketua KPU Denpasar, Dewa Ayu Sekar Anggraeni.

Setelah pengiriman surat suara ke gudang logistik, selanjutnya segera akan dijadwalkan proses pelipatan suara dengan tidak menunggu logistik-logistik lainnya.

Sebelumnya KPU Denpasar telah menerima distribusi logistik pemilu 2024 berupa kotak suara, tinta, segel, dan name tag. Selama penerimaan logistik diakui tidak menemui kendala yang berarti.

“syukurnya tidak ada kendala ya, semua terdata dengan baik. Dalam menerima itu dalam keadaan baik bahkan ada yang diluar ekspetasi ternyata lebih cepat datangnya,” jelasnya.

Sementara Anggota KPU Bali Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Parmas dan SDM, I Gede John Darmawan menjelaskan, pengiriman surat suara DPR RI Provinsi Bali Dapil Denpasar telah sesuai dengan kebutuhan, yang dilakukan secara bertahap. Berikutnya dipersiapkan untuk surat suara dapil 1 DPRD Provinsi Bali, yakni Kota Denpasar.

Baca Juga :  Datangi Polres Badung, Kader DPC PDI Perjuangan Badung Laporkan Pembakaran Bendera 

“kita melakukan proses yang continue dalam pengiriman logistik ini agar tidak percampuran antara jenis surat suara, kita lakukan berdasarkan dapil dan urutan surat suara yang disortir kemudian,” jelasnya.

Hingga saat ini, Kabupaten Buleleng telah menerima lengkap kebutuhan surat suara DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota yang berdasarkan sejumlah dapil dengan proses sortir dan lipat.

Setelah proses distribusi ini selesai akan dilanjutkan pada Kabupaten/Kota berikutnya, seperti Denpasar, Badung, Karangasem hingga terakhir pada Kabupaten Klungkung yang ditetapkan sampai tanggal 7 Januari 2024.

“tanggal 7 januari semua surat suara sudah terdistribusi di 9 Kabupaten/Kota se-Provinsi Bali,” tegas Jhon.

KPU Bali juga sedang menunggu kedatangan surat suara Presiden dan DPD RI, sebab proses percetakan surat suara tersebut tidak dilakukan di Bali.

“masih dalam proses, karena percetakannya tidak khusus di Bali saja. Hampir seluruh Indonesia jadi kami masih menunggu,” katanya.

Disebut menjadi PR adalah pada Kabupaten Klungkung yang memiliki daerah kepulauan. Diperkirakan pada H-3 logistik surat suara untuk kecamatan Nusa Penida harus sudah terkirim. Dimana proses pengiriman akan menggunakan truk dan transportasi laut.

Mendekati musim penghujan, John menilai proses pengiriman logistik jarak jauh akan menemui kendala dengan guyuran hujan. Namun diyakini hal itu bisa diatasi dengan baik.

“kemarin di Buleleng sempat proses pengiriman terkena hujan, tetapi tidak basah karena sudah tertutup dengan rapi. Proses perlindungannya dengan bak tertutup, dalam dus itu dilapisi dengan dua plastik. Dengan cuaca itu proses itu relatif aman sampai saat ini,” imbuhnya. (kbh1)

Related Posts