October 14, 2024
Pendidikan

Kolaborasi Hebat FH Universitas Warmadewa dengan Untar Gelar Kuliah Umum Nasional

Denpasar-kabarbalihits

Fakultas Hukum Universitas Warmadewa (FH Unwar) dan Fakultas Hukum Universitas Tarumanagara (FH Untar) menjalin kerjasama yang strategis dengan menggelar Kuliah Umum Nasional, Jumat (24/11). Kuliah Umum Nasional bertempat di Ruang Jayasingha Mandapa FH Unwar dan diselenggarakan dengan tema “Merancang Tugas Akhir melalui Metode Penelitian Hukum yang Tepat”.

Guru Besar FH Untar, Prof. Dr. Mella Ismelina F.R.,SH.,M.Hum, hadir sebagai pembicara utama dalam acara bergensi ini dan dimoderatori oleh Wakil Dekan I Unwar, Dr. I Nyoman Gede Sugiartha, SH.,MH.

Dekan FH Unwar, Prof. Dr. I Nyoman Putu Budiartha, SH.,MH, menjelaskan bahwa tema kuliah umum ini dipilih untuk memberikan pencerahan kepada civitas akademika, terutama mahasiswa dan dosen yang aktif terlibat dalam penelitian dan menyelesaikan tugas akhir. “Prof. Mella memberikan wawasan pembanding mengenai metode penelitian hukum yang tepat untuk penulisan skripsi, tesis, dan disertasi,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Prof. Budiartha menyoroti pentingnya pendekatan empiris dalam ilmu hukum, membuka wawasan bahwa ilmu hukum tidak hanya normatif, tetapi juga memerlukan sisi empiris untuk implementasi teori ekonomi yang relevan.

Sementara sang pembicara, Prof. Mella Ismelina fokus pada metode penelitian hukum, khususnya dalam konteks objek penelitian yang dapat bersifat normatif atau empiris. “Mahasiswa perlu memahami perbedaan antara penelitian hukum normatif dan metode penelitian hukum lainnya, sehingga metode yang dipilih sesuai dengan objek penelitian mereka,” ungkapnya.

Kuliah umum ini diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi mahasiswa FH Unwar untuk lebih cermat dalam memilih metode penelitian, sehingga rumusan masalah dan kajian yang diteliti dapat memenuhi standar metodologis dan kebenarannya dapat dipertanggungjawabkan. Kolaborasi ini menjadi langkah positif dalam meningkatkan wawasan dan kualitas penelitian di bidang hukum, menciptakan generasi akademisi yang lebih kompeten dan berdaya saing.(kbh2)

Related Posts