October 14, 2024
Daerah Seni Budaya

Penampilan Eksklusif, Duta Kecamatan Mengwi dan Kuta Selatan Memukau di Festival Budaya Kabupaten Badung ke 14

Badung-kabarbalihits

Festival Budaya Kabupaten Badung mencapai puncaknya dengan penampilan spektakuler dari duta kecamatan Mengwi dan Kuta Selatan dalam Lomba Gong Kebyar Wanita. Acara berlangsung di panggung terbuka sisi utara Balai Budaya Giri Nata Mandala pada Selasa, 7 November dan mendapat sambutan luar biasa dari penonton yang hadir.

Duta kecamatan Kuta Selatan diwakili oleh Sekaa Gong Kebyar Wanita Desa Adat Tanjung Benoa, yang membawakan Tabuh kreasi “Carang Bekul.” Karya ini memiliki makna dalam kepercayaan masyarakat Hindu Bali di Kuta Selatan, di mana Karang Pohon Bekul menjadi simbol tradisi maseselat yang berfungsi untuk menangkal energi negatif atau penolak bala menjelang rahina Tumpak Wayang. Tabuh “Tabuh Telu Lelambatan Kreasi Carang Bekul” membawa nuansa tradisi Bali dengan sentuhan segar.

Pada penampilan keduanya, Sekaa Gong ini memukau dengan Tari Pependetan “Nirwana Puja,” yang terinspirasi dari gerakan pelaksanaan kincang-kincung dalam upacara piodalan yang biasanya dilakukan menjelang akhir sebuah upacara ngelebar atau ngewaliang oleh para wanita lanjut usia.

Sementara itu, duta kecamatan Mengwi diwakili oleh Gong Kebyar Wanita Ayu Gita Swara dari Banjar Kuwum, Desa Kuwum. Mereka membawakan Tabuh Telu Lelambatan Kreasi “Abrhaning Wana Pala,” yang menggambarkan kekuatan dan kemegahan hutan pala sebagai simbol keindahan dan kekuatan alam.

Ketua Majelis Pertimbangan dan Pembinaan Kebudayaan (Listibiya) Kecamatan Kuta Selatan, Dr. I Wayan Deddy Sumantra, turut hadir dalam acara tersebut. Dalam kesempatan tersebut, Deddy mengungkapkan harapannya bahwa tema “Abyakta Loka Budaya,” yang berarti “Badung Maju Berlandaskan Seni Budaya,” akan mendorong kemajuan dan perkembangan Kabupaten Badung.

“Kami harapkan hal yang sama terjadi di seluruh kecamatan di Kabupaten Badung,” harapnya.

Deddy juga menekankan pentingnya menggali dan melestarikan seni budaya sebagai dasar pariwisata di Bali dan ia mendukung sepenuhnya upaya yang dicanangkan oleh Bupati Badung melalui Dinas Kebudayaan, terutama dalam hal kegiatan seni dan budaya.

Baca Juga :  Gerak Cepat Bangkitkan Ekonomi Masyarakat Pedagang, PSR Bantu Akses Kredit Permodalan Ultra Mikro

Festival Budaya Kabupaten Badung telah membawa semangat dan pesona seni budaya Bali kepada masyarakat, dan penampilan duta dari kecamatan Mengwi dan Kuta Selatan menambahkan sentuhan istimewa pada kesuksesan acara tersebut setelah melewati masa sulit akibat pandemi.(kbh2)

Related Posts