June 24, 2024
Daerah Ekonomi

TPAKD Kabupaten Badung Gelar Seminar Regional Bersama BEM Fakultas Bisnis Dan Pariwisata Universitas Triatma Mulya

Badung-kabarbalihits

Era konsumerisme yang sedang berlangsung saat ini telah membuat akses terhadap berbagai jenis barang dan jasa menjadi semakin mudah. Tawaran pembelian barang secara mencicil telah menjadi tren yang marak, membuka pintu bagi banyak orang untuk mendapatkan barang yang sebelumnya sulit dijangkau. Namun, penting bagi masyarakat untuk bijak dalam mengelola keuangan mereka, agar tidak terjebak dalam mengutamakan ‘keinginan’ daripada ‘kebutuhan’ dasar.

Dalam upaya meningkatkan literasi keuangan dan membantu masyarakat menjadi lebih pintar dan bijak dalam mengelola uang dan penghasilan mereka, Program Badung Muda Melek Investasi telah mengadakan kegiatan Edukasi dan Sosialisasi (Edu-sos) yang mendapatkan dukungan dari TPAKD Kabupaten Badung. Kegiatan ini bertujuan agar masyarakat menjadi lebih cerdas dalam merencanakan keuangan mereka, dengan fokus pada aktivitas Perencanaan Keuangan (Financial Planning).

Dalam kerja sama antara BEM Fakultas Bisnis dan Pariwisata Universitas Triatma Mulya dengan TPAKD Kabupaten Badung, telah diselenggarakan Seminar Regional dengan tema “Save Our Money For Future’s Glory” dan sub tema “Strategi Mengatur Keuangan Untuk Masa Depan”. Seminar ini berlangsung pada tanggal 5 November 2023.

Seminar ini menampilkan dua narasumber utama, yaitu PT. Bank BPD Bali yang memberikan edukasi mengenai Strategi Perencanaan Keuangan yang baik dengan penekanan pada Lembaga dan Produk Keuangan yang tepat bagi generasi muda. Narasumber kedua adalah Bursa Efek Indonesia (BEI) yang memberikan edukasi mengenai Strategi Mengatur Keuangan Untuk Investasi Masa Depan di Pasar Modal. Dalam peran moderator, ada perwakilan dari Forum Anak Daerah Kabupaten Badung (FAD) yang merupakan Duta Badung Muda Melek Investasi dari TPAKD Kabupaten Badung.

Turut hadir dalam kegiatan ini Dr. Drs. I Ketut Putra Suarthana, MM., Rektor Universitas Triatma Mulya, beserta jajaran pimpinan universitas. Selain itu, perwakilan dari Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Kabupaten Badung serta Bagian Perekonomian Setda Kabupaten Badung ikut serta dalam seminar ini.

Baca Juga :  Bahas Subak Balangan, ORI Provinsi Bali Datangi DPRD Badung

Harapannya, kegiatan ini dapat meningkatkan literasi keuangan di kalangan mahasiswa dan masyarakat umum, sehingga mereka dapat merencanakan keuangan dengan lebih baik dan melakukan investasi yang bijak untuk masa depan yang lebih cerah. Pemerintah Kabupaten Badung bersama dengan OJK dan Lembaga Jasa Keuangan melalui TPAKD akan terus melaksanakan kegiatan serupa guna mendorong peningkatan literasi dan inklusi keuangan, terutama di Kabupaten Badung. Dengan begitu, diharapkan masyarakat dapat lebih siap dan sejahtera dalam menghadapi masa depan finansial mereka.(r)

Related Posts