October 24, 2024
Ekonomi

APEX Bank BPR Kanti, Wujud Nyata Spirit Sahabat Koperasi, Juga Sediakan Kredit Bantuan Likuiditas Koperasi

Gianyar -Kabarbalihits

BPR Kanti menggelar seminar Nasional Koperasi Indonesia 2023 dengan tema “APEX Bank BPR Kanti-Koperasi, Memperkokoh Pondasi Dasar Koperasi”. APEX Bank BPR Kanti Koperasi sebagai wujud nyata spirit BPR Kanti bank sahabat koperasi, memperkokoh pondasi dasar koperasi dimana koperasi kokoh dengan program Palugada BPR Kanti, Kamis 2 November 2023, di Pusdiklat BPR Kanti, Batubulan, Kabupaten Gianyar. Seminar nasional ini merupakan rangkaian Customer gathering khusus pelaku koperasi.

Turut hadir sebagai keynote speaker dedengkot koperasi yang juga Sekretaris DPRD Provinsi Bali I Gede Indra Dewa Putra, sekaligus mantan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali, Direktur Utama BPR Kanti Made Arya Amitaba, Ketua Umum IMFEA Prof Dr. Ahmad Subagyo, Kepala Bidang Kelembagaan dan Pemberdayaan Koperasi Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali Tri Arya Dhyana selaku, Plt Direktur Utama Bank DKI Amirul Wicaksono yang diwakili Direktur Komersial dan Kelembagaan Bank DKI Herry Djufraini, Trainer BNSP Dewa Gede Widnyana Putra Master, dan notaris I Ketut Suta.

Pada seminar nasional ini, BPR Kanti juga memperkenalkan jenis layanan terbaru yang ditujukkan bagi koperasi di Bali yakni “Kredit Bantuan Likuiditas Koperasi’’ untuk mengatasi kesulitan likuiditas yang dialami koperasi akibat menerima dana jangka pendek dan menyalurkan dana jangka panjang yang tidak pas sehingga terjadi mismatch.

Direktur Utama BPR Kanti Made Arya Amitaba menyampaikan, kegiatan ini tindak lanjut BPR Kanti dalam menjalankan fungsi APEX Bank atau bank pengayom kepada koperasi. “Kami memberikan modal kerja, membantu kesulitan likuiditas, melaksanakan capacity building dan lainya. Harapannya memperkuat wawasan di koperasi terkait kerjasama dan bisnis masing-masing . Jadi kami sedang mendesain APEX Bank seperti apa dan semoga bisa diwujudkan memperkuat koperasi,” ujarnya.

Seminar Nasional ini, juga diisi dengan penandatanganan kerjasama terkait layanan digitalisasi yang dapat dimanfaatkan koperasi dan juga penandatangan pemberian kredit dari Bank DKI kepada BPR Kanti yang tentunya dapat dimanfaatkan oleh koperasi dalam meningkatkan pemupukan dana untuk disalurkan kepada anggota koperasi.

Selain itu, dalam rangka produk bersama BPR Kanti dengan Koperasi, BPR Kanti sebelumnya juga telah melaunching Tabungan ArisanKU berhadiah utama mobil Mitsubishi Pajero Sport, Xpander, dan lainnya. Dan para pemenang utamanya berasal dari koperasi-koperasi yang mendapatkan pendanaan atau program modal kerja dari BPR Kanti.

“Pilihan koperasi closed atau open sekarang saatnya untuk pinjam di BPR Kanti karena pengembalian akan bisa diberikan sampai jatuh tempo sehingga koperasi closed namun bisa meminjam dana. Segera akan diformalkan secara legal mengenai APEX Bank BPR Kanti Koperasi sehingga peran BPR Kanti dapat lebih dioptimalkan,” papar Amitaba.

Kepala Bidang Kelembagaan dan Pemberdayaan Koperasi Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali, Tri Arya Dhyana, mengapresiasi BPR Kanti karena sudah menyelenggarakan Seminar Nasional Koperasi Indonesia 2023. Dimana APEX Bank BPR Kanti-Koperasi ini intinya adalah kerjasama yang merupakan prinsip dari koperasi yang harus dilaksanakan. Terlebih lagi saat ini terdapat aturan-aturan baru.

Direktur Komersial dan Kelembagaan Bank DKI, Herry Djufraini, mengatakan, Bank DKI sebagai pengembang untuk bagaimana memberikan layanan dan jasa perbankan sampai ke akar rumput. Kerja sama dengan BPR Kanti ini menurut Herry Djufraini untuk memajukan ekosistem terkait dengan mikro dan usaha kecil di Bali, serta memberikan layanan perbankan terkait digital. “Dengan pelayanan digital ini akan mempermudah juga dan akan juga lebih mempercepat dari proses kebutuhan terkait dengan para pelaku ekonomi di Bali khususnya,” katanya.

Herry Djufraini berharap dengan tambahan digitalisasi tersebut BPR Kanti akan lebih cepat dalam memberikan pelayanan dan lebih sustain serta lebih bermakna bagi para debitur maupun masyarakat ekonomi, khususnya di Bali dan sekitarnya.

Baca Juga :  Pemkab Badung Plot Anggaran Untuk Tata Pesisir Jimbaran, Bupati Giri Prasta : Saya Jamin Penataan Ini Selesai Sebelum Purna Tugas Jadi Bupati

Sementara itu, dedengkot koperasi yang juga Sekretaris DPRD Provinsi Bali I Gede Indra Dewa Putra, selain memberikan apresiasinya serta dukungannya untuk APEX BPR Kanti, juga berharap BPR Kanti dengan pengalaman sebagai BPR terbaik di tingkat nasional mampu memberikan bimbingan teknis manajemen, dan tata kelola yang baik atau Good Corporate. Selain itu juga bagaimana menangani masalah, termasuk mendorong sertifikasi para pengelola koperasi baik di tingkat pengurus, pengawas, sampai di level paling bawah.

“Harapan saya bukan dari sisi pendanaan saja sebenarnya, tetapi BPR Kanti yang berpengalaman sebagai BPR yang terbaik di tingkat nasional memberikan bimbingan teknis manajemen, tata kelola yang baik, Good Corporate. Kemudian bagaimana menangani masalah, termasuk juga mendorong sertifikasi para pengelola koperasi baik di tingkat pengurus, pengawas sampai di level paling bawah,” harapnya.(kbh6)

Related Posts