October 27, 2024
Daerah

Kabupaten Badung Raih Peningkatan Signifikan dalam Indeks Kebahagiaan Masyarakat

Badung-kabarbalihits

Pemerintah Kabupaten Badung terus berupaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat sebagai tujuan akhir dari berbagai program pembangunan yang telah mereka canangkan. Hal ini sejalan dengan visi Kabupaten Badung Tahun 2021-2026 yakni “Melanjutkan Kebahagiaan Masyarakat Badung Melalui Pembangunan yang Berlandaskan Tri Hita Karana”. Demikian diungkapkan oleh Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah Kabupaten Badung, Dr. I Wayan Suambara, SH., MM, yang mewakili Bupati Badung pada peluncuran Hasil Survei Tingkat Kebahagiaan Masyarakat Badung yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik Kabupaten Badung.

Acara peluncuran Survei Indeks Kebahagiaan ini berlangsung pada Senin, 23 Oktober 2023, di Hotel Arya Duta, Kuta, Badung. Suambara menjelaskan bahwa kebahagiaan merupakan kondisi abstrak dan relatif, tetapi melalui pendekatan ilmiah, kondisi kebahagiaan masyarakat dapat diestimasi. Oleh karena itu, dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Badung, Indeks Kebahagiaan Masyarakat telah ditetapkan sebagai salah satu Indikator Utama (IKU) Kabupaten Badung.

Hasil survei yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik Kabupaten Badung menunjukkan bahwa pada tahun 2023, Indeks Kebahagiaan Masyarakat Kabupaten Badung mencapai angka 78,69, yang merupakan peningkatan signifikan dibandingkan dengan tahun 2022 yang sebesar 75,02. Pencapaian ini mencerminkan upaya keras pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas hidup dan kebahagiaan masyarakat Badung.

Kepala BPS Provinsi Bali, Endang Retno Sri Subiyandani, S.Si, M.M, mengapresiasi kerja keras Pemerintah Kabupaten Badung dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Acara peluncuran survei ini juga dihadiri oleh Direktur Statistik Ketahanan Sosial BPS RI, Dr. Nurma Midayanti, SSi, M.Env.Sc., Direktur Pengembangan Metodologi Sensus dan Survei BPS RI, Dr. Sarpono, S.Si, M.Sc., serta Kepala BPS Kabupaten Badung, Septiana Tri Setiowati, SST., M.Agb.(r)

Related Posts