June 24, 2024
Pendidikan

Prodi S1 Pariwisata Universitas Udayana Laksanakan Kuliah Tamu “IN SEARCH OF BALANCE IN TOURISM”

Denpasar – kabarbalihits

Prodi S1 Pariwisata Fakultas Pariwisata Unud menggelar Kuliah Tamu dengan mengundang dosen UGM yaitu Made Andi Arsana, Ph.D. Kuliah tamu mata kuliah Manajemen Krisis tersebut mengambil tema  “In Search Of Balance In Tourism: Pariwisata di antara Kecanggihan teknologi dan sentuhan Kemanusiaan”. Kuliah tamu diikuti oleh sekitar 200 orang mahasiswa dan berlangsung selama 2,5 jam di gedung HD Fakultas Pariwisata.

Dalam pemaparan kuliahnya Made Andi Arsana mengungkapkan bahwa pariwisata merupakan sektor yang memberikan dampak perekonomian yang besar bagi bangsa Indonesia. Dalam perkembangannya pariwisata tidak terluput dari adanya perkembangan teknologi.

“Setidaknya ada  10 faktor teknologi yang mempengaruhi keberhasilan sektor pariwisata, diantaranya: VR (Virtual realize) /AI, Mobile Teknologi, Kemajuan Transportasi, Drone, Media Sosial, Video 3D, Aplikasi perjalanan, Teknologi Biometrik, Internet of Things (IoT), dan Big Data Analitik” ujar Adi Arsana.

Materi yang diberikan berkaitan tentang mata kuliah Manajemen krisis yang mengedepankan pemikiran kritis mahasiswa untuk berpikir kritis mengenai perubahan-perubahan di sektor pariwisata yang dapat berdampak secara positif dan negative. “Mahasiswa berperan dalam pembentukan perencanaan yang terstruktur di bidang pariwisata guna mengembangkan pariwisata Indonesia ke arah yang lebih maju” imbuhnya.

Baca Juga :  Danrem 163/ Wira Satya : Hari Raya Idul Fitri Momentum Untuk Tingkatkan Keimanan Dan Toleransi

I Made Andi Arsana, juga menjelaskan mengenai pentingnya kecanggihan teknologi yang dikembangkan oleh bangsa Indonesia dalam memajukan pariwisata, dan diperlukannya kerjasama antara masyarakat, stakeholder dan juga pemerintah, dan pentingnya komunikasi dan relasi agar segala kegiatan yang sudah di agendakan dapat terlaksana dengan baik. (r)

Sumber : UNUD | Universitas Udayana

Related Posts