July 27, 2024
Daerah

Jaga Ketersediaan Air, Perumda Air Minum Tirta Mangutama Kabupaten Badung Tanam 1000 Pohon di Desa Baha

Badung – kabarbalihits

Menjaga ketersediaan air di Kabupaten Badung, manajemen serta karyawan Perumda Air Minum Tirta Mangutama Kabupaten Badung menanam 1000 Pohon berbagai jenis di di Banjar Bedil, Desa Baha, Kecamatan Mengwi, Jumat (13/10). Kegiatan sosial peduli lingkungan ini dilaksanakan serangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-47 Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Mangutama Kabupaten Badung yang jatuh pada tanggal 21 Oktober mendatang.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Direktur Umum Perumda Air Minum Tirta Mangutama, I Made Sugita, SH, Direktur Teknik, I Made Suarsa, sejumlah Dewan Pengawas Perumda Air Minum Tirta Mangutama, Perbekel Baha, I Wayan Rusih serta sejumlah tokoh masyarakat di Desa tersebut.

I Made Sugita mengatakan, kegiatan penanaman pohon ini yang diikuti oleh manajemen serta karyawan Perumda Air Minum Tirta Mangutama Kabupaten Badung ini bertujuan untuk bisa menjaga kuantitas air disaat musim kemarau saat ini.

“Kami berhadap dengan pohon pohon yang ditanam seperti pohon Badung, pohon durian, pohon manggis, kelapa dan pinus, bisa dijaga dengan baik. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Perbekel Baha yang telah membantu kegiatan ini sehingga acara ini berjalan dengan baik, ” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, Pihaknya menanam pohon buah juga dikarenakan ingin ikut membantu para petani dalam mendukung program pemerintah dalam urusan pangan. “Kami juga telah titipkan ke masyarakat untuk dana pemeliharaan, karena pohon tidak cukup tanam saja yang paling penting adalah pemeliharaannya. Penanaman pohon ini juga dilakukan di kawasan titik sumber air di Desa Baha,” imbuhnya.

Sementara Direktur Teknik, I Made Suarsa mengatakan, kegiatan sosial peduli lingkunagn ini merupakan salah satu CSR yang merupakan tanggung jawab kita kepada masyarakat, dimana program Tri Hita Karana sudah dilakukan, yakni hubungan antara manusia dengan alam maupun hubungan manusia dengan manusia. Dengan penanaman 1000 pohon dari berbagai jenis, diharapkan bisa berguna bagi masyarakat sekitar.

Seperti yang kita ketahui bersama, saat ini sedang berlangsung musim kemarau sehingga salah satu yang kita lakukan adalah penanaman pohon di sumber-sumber dan juga kepada masyarakat yang menjadi pendukung sumber air tersebut.

“Untuk menjaga ketersediaan dan kualitas air, saat ini kita terus malakukan pengecekan, bagaimana supaya debit air terutama seperti musim kering seperti saat ini tidak berkurang. Kita terus melakukan langkah-langkah seperti berkoordinasi dengan pekaseh kemudian dengan masyarakat yang terkait dengan lintasan air, termasuk dengan perbekel, sehingga sumber-sumber air ditengah musim kemarau seperti saat ini masih mampu untuk memberikan suplay air kepada masyarakat, karena musin kering ini diperkirakann akan berlangsung hingga akhir november. Ini merupakan tugas berat kami agar sumber air dan kualitas air yang kita berikan kepada masyarakat tidak mengalami penurunan ataupun pengurangan” ujarnya.

Baca Juga :  Tak Hanya Sekolah Gratis, Suyasa Akan Programkan Angkutan Siswa Ke Sekolah Gratis

Made Suarsa juga menghibau kepada masyarakat, ditengah musim kemarau panjang seperti saat ini, mohon untuk lebih bijak menggunakan air sehingga seluruh masyarakat bisa mendapatkan air secara merata.

Sementara Perbekel Baha, I Wayan Rusih mengatakan, Pihaknya dari pemerintahan desa mengapresiasi dan berterimakasih kepada Perumda Air Minum Tirta Mangutama karena bisa membantu penanaman serta penghijauan di Desa Baha. Selain itu menjadi prioritas air di Desa Baha sebagai sumber air baku dari Perumda Air Minum Tirta Mangutama.

“Dengan penanaman pohon ini nantinya bisa menambah debit air di desa kami . Apa yang sudah diberikan ini kita akan rawat sesuai harapan pihak Perumda Air Minum Tirta Mangutama,”terangnya. (kbh5)

Related Posts