May 29, 2024
Daerah

Sekda Adi Arnawa Hadiri HUT Ke-40 ST. Kusuma Mertha, Br. Pemaron, Munggu

Badung-kabarbalihits 

Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa mewakili Bupati menghadiri perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-40 Sekaa Teruna (ST). Kusuma Mertha Banjar Pemaron Munggu yang mengusung tema “Meningkatkan Generasi Muda Kusuma Mertha Yang Kreatif, Inovatif dan Religius berdasarkan Tri Hita Karana”. Acara tersebut dilaksanakan di Wantilan Pura Dalem Kahyangan Pemaron Desa Munggu, Mengwi, Sabtu (16/9). Hadir pula pada kegiatan tersebut anggota DPRD Kab. Badung Ni Luh Putu Gede Rara Hita Sukma Dewi, Camat Mengwi I Nyoman Suardana, Tripika Kec. Mengwi, Perbekel Munggu I Ketut Darta, Bendesa Adat Munggu I Made Suwinda, Kelian Adat Br. Pemaron Dewa Made Widnyana, Kelian Dinas Br. Pemaron I Made Suardana, tokoh masyarakat serta masyarakat setempat.

Sebagai bentuk dukungan dan perhatian Pemerintah, Sekda Adi Arnawa menyerahkan bantuan dana motivasi kegiatan Rp. 10 juta yang diterima langsung oleh Ketua ST. Kusuma Mertha Dewa Putu Putra Adhyasa disaksikan langsung oleh masyarakat. Bantuan juga diberikan oleh anggota DPRD Provinsi Bali I Bagus Alit Sucipta sebesar Rp. 5 juta, anggota DPRD Kabupaten Badung Ni Luh Putu Rara Hita Sukma Dewi sebesar Rp. 2,5 juta,  Perbekel Munggu I Ketut Darta Rp. 5 juta,  Ketua LPD Munggu Rp. 1,5 juta dan Bendesa Adat Munggu I Made Suwinda Rp. 500 ribu.

Dalam sambutannya Sekda Adi Arnawa menyampaikan bahwa  hari ulang tahun  jangan hanya sekedar dijadikan peringatan lahirnya sekaa teruna, yang paling penting bagaimana momentum ini dijadikan  untuk melakukan evaluasi diri terhadap program-program yang sudah terlaksana. “Sekaa teruna ini merupakan garda terdepan tongkat estafet kepemimpinan masa datang, maka  itu saya minta  kepada sekaa teruna untuk mempersiapkan program-program kedepan mulai dari sekarang, apalagi sekaa teruna disini berada di kawasan destinasi pariwisata. Saya berharap agar secepatnya ada perubahan Perda sehingga tidak ada kendala dalam pemberian bantuan dari Pemkab Badung untuk masyarakat sehingga berjalan dan dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku. Desa Munggu merupakan salah satu destinasi pariwisata dimana juga memberikan kontribusi terhadap pendapatan, sekarang kondisi pariwisata sudah membaik dengan adanya peningkatan kunjungan wisatawan yang datang ke Bali akan berdampak terhadap peningkatan pendapatan di Badung, sehingga program yang ada di desa bisa di jalankan,” ujarnya.

Baca Juga :  Suasana  Hari Raya Galungan, Bupati Tabanan Ngantor di Desa Marga Dauh Puri

Disampaikan juga bahwa semua itu ada tantangan yang akan dihadapi kedepan baik dari segi SDM maupun dari sisi pelayanan publik yang harus merubah paradigma pola-pola konvensional jika ingin pariwisata tetap berjalan seperti saat ini. Tidak luput juga dengan masalah sampah,  Desa sudah harus  memiliki mengolah sampahnya sendiri, kedepan pengolahan sampah akan didorong menjadi kewenangannya  desa  dengan membangun TPS3R di masing-masing desa, sehingga kedepan diwacanakan untuk dilombakan menjadikan motivasi untuk berprestasi dan diberikan reward, “Jika semua desa memiliki motivasi kesana otomatis semua desa di wilayah Kabupaten Badung akan bersih sesuai yang kita harapkan dan ini menjadi tujuan dari Presiden Jokowi untuk membangun dari pinggiran, jika dari pinggiran sudah terbangun maka Indonesia akan menjadi hebat, dengan penyisihan minimal 10% PAD menjadi tantangan kedepan untuk desa memberikan ruang melakukan inovasi serta melakukan gebrakan-gebrakan inovatif di desa. Saya percaya dengan kebersamaan kita bisa memajukan Desa Munggu, Selamat Ulang Tahun untuk Sekaa Teruna Kusuma Mertha semoga acara berjalan sesuai dengan yang diharapkan serta agar tetap kompak, solid, eksis dan mampu menunjukkan jati dirinya mampu menjadi garda terdepan dalam menjaga akar budaya yang kita miliki di Badung,” ucapnya.

Sementara Ketua Panitia sekaligus sebagai Ketua ST. Kusuma Mertha Dewa Putu Putra Adhyasa mengucapkan terima kasih yang sebesarnya kepada Pemerintah Kabupaten Badung atas dukungan dan motivasinya sehingga acara perayaan hari jadi Sekaa Teruna Kusuma Mertha bisa terlaksana sesuai dengan yang diharapkan.(r)

Related Posts