October 27, 2024
Daerah

Wujudkan Pemilu 2024 Aman dan Kondusif, Kepala Bakesbangpol Bali Ajak Seluruh Ormas Ikut Jaga Kamtibmas

Denpasar – kabarbalihits

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi Bali Drs. I Gusti Ngurah Wiryanata, M.Si., mengajak seluruh organisasi masyarakat (ormas) di Bali, bersama-sama menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang kondusif. Yakni lain dengan tidak melakukan kegiatan yang saling menyinggung antar partai politik, guna menciptakan suasana aman dan damai untuk suksesnya pemilu serentak tahun 2024.

Situasi Kamtibmas yang kondusif pada pemilu 2024 penting untuk dijaga. Apalagi dengan adanya keterlibatan organisasi masyarakat di Bali dalam memberikan dukungan terhadap partai politik yang semakin marak. Hal tersebut dilihat dari Kampanye melalui media sosial yang dikhawatirkan berpotensi terjadinya kerawanan apabila dalam kampanye menyudutkan salah satu partai politik. Terutama dengan cara menyebarkan berita hoax, fitnah, politisasi SARA dan Politik Identitas, Pihak Kesbangpol Provinsi Bali mendorong organisasi masyarakat Bali mematuhi aturan main dalam pemilu.

Potensi terjadinya kerusuhan pada Pemilu 2024, penting untuk diantisipasi sejak dini. Apabila karena sesuatu hal konflik sampai terjadi di sebagian besar daerah, akan dapat berpengaruh langsung terhadap kondisi kamtibmas dan keberhasilan penyelenggaraan Pemilu 2024.

Baca Juga :  Laksanakan Studi Tiru, Wabup Suiasa Terima Kunjungan Wabup Ingkong Ala

Untuk diketahui, pasca ditetapkannya Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu Tahun 2024, selanjutnya memasuki tahapan penyusunan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) Pemilu 2024, sosialisasi terkait pengurusan pindah memilih ini bahkan sudah dibahas dalam Rapat Koordinasi Penyusunan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dan Daftar Pemilih Khusus (DPK) Pemilu Tahun 2024 di Provinsi Bali, yang dilaksanakan di Kantor KPU Provinsi Bali. (r)

Related Posts