October 14, 2024
Pendidikan

Berbicara Pemasaran Minyak Sawit Berkelanjutan di Bali, Seminar Nasional DPR RI bersama FEB Unwar Rangkai Dies Natalis ke 39 Warmadewa

Denpasar-kabarbalihits

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Warmadewa (Unwar) sekali lagi menjadi tuan rumah kegiatan yang sangat strategis bagi dunia akademik. Kali ini, FEB Unwar mendapat dukungan penuh dari Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) untuk menggelar Seminar Nasional bertajuk “Badan Pengelolaan Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS): Menuju Pemasaran Minyak Sawit Berkelanjutan di Bali: Tantangan dan Peluang.”

Seminar yang diadakan pada tanggal 15 September 2023 ini menampilkan narasumber utama, yaitu I Gusti Agung Rai Wirajaya, SE., MM., yang saat ini menjabat sebagai Anggota Komisi XI DPR RI. Turut hadir pula perwakilan dari Badan Pengelolaan Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) dan dosen FEB Unwar, Dr. Niluh Putu Indiani, SE., MM.

Dalam sambutannya, Dekan FEB Unwar, Prof. Dr. I Made Sara, SE., M.P., menyampaikan pentingnya kampus ini sebagai wadah untuk mensosialisasikan program-program penting. Ia berharap bahwa para mahasiswa, setelah menyelesaikan studi mereka, dapat menjelaskan program-program tersebut kepada masyarakat di lingkungan masing-masing. Prof. Sara juga merencanakan untuk meramaikan Dies Universitas Warmadewa yang ke-39 sekaligus memanfaatkan kesempatan ini untuk merancang kegiatan yang lebih besar.

“Momen ini seperti gayung bersambut, dan kedepan harapan kami agar setiap program studi dapat mengadakan setidaknya dua kali Seminar Nasional dan satu kali Seminar Internasional dalam satu semester. Ini diharapkan akan menjadikan program ini sebagai salah satu unggulan dalam kaitannya dengan seminar nasional maupun internasional,” harap Dekan.

Narasumber utama, I Gusti Agung Rai Wirajaya, juga memberikan kontribusinya dalam seminar ini. Ia menyampaikan terkait pengawasan kelapa sawit di dalam negeri dan potensi produk turunan dari kelapa sawit yang sering tidak diketahui oleh masyarakat. Wirajaya mengungkapkan harapannya agar mahasiswa ikut berperan sebagai pemimpin dan pemasar untuk pengembangan kelapa sawit dan produk turunannya.

Baca Juga :  Sekda Suyasa Pimpin Apel Deklarasi Netralitas dalam Pilkada Serentak Nasional 2024

Tema seminar ini juga mendapat apresiasi dari Rektor Unwar, Prof. Dr. Ir. I Gde Suranaya Pandit, MP, yang menganggapnya sangat sesuai dengan visi Warmadewa tentang berkelanjutan. Bali, sebagai pulau yang kecil tanpa lahan untuk kelapa sawit, memiliki potensi pemasaran yang luar biasa. Dalam pandangan rektor, pemasaran kelapa sawit di Bali akan menciptakan peluang kerja yang besar dan dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa. “Hal ini diharapkan akan berdampak positif terhadap tenaga kerja dan harga kompetitif di tingkat nasional maupun internasional,” ucap Rektor.

Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Dr. Drs. Anak Agung Gede Oka Wisnumurti, M.Si, juga turut memberikan apresiasi atas kegiatan ini. Ia menyebut bahwa inisiatif kerjasama antara DPR RI dan FEB Universitas Warmadewa dalam penguatan akademis mahasiswa Unwar sangat relevan untuk saat ini.(kbh2)

Related Posts