October 14, 2024
Pendidikan

Tumbuhkan Jiwa Kepemimpinan, STIKES Wira Medika Bali Gelar LKMM 2023 Bagi Mahasiswa Baru

Denpasar – kabarbalihits

Menumbuhkan jiwa kempimpinan sehingga mampu menghasilkan calon pemimpin yang berkarakter peduli, amanah, gigih dan inovatif, STIKES Wira Medika Bali sebagai salah satu kampus kesehatan terbaik di bali menyelenggarakan kegiatan Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa ( LKMM ) Tingkat Pra Dasar bagi mahasiswa baru, bertempat di Kampus STIKES Wira Medika Bali, Selasa (12/9). Kegiatan LKMM berlangsung selama 2 hari, mulai tanggal 12-13 September 2023, dan diikuti sebanyak 159 mahasiswa baru yang sebelumnya telah mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus (PKKMB).

Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa ( LKMM ) bagi mahasiswa baru dibuka oleh Ketua STIKES Wira Medika Bali Drs. I Dewa Agung Ketut Sudarsama, MM., dan dihadiri oleh Kepala LLDikti Wilayan 8, Dr. I Gusti Lanang Bagus Eratodi, S.T., M.T., IPU., ASEAN.Eng., APEC., Wakil Ketua I Bidang Akademik, Ns. Ni Ketut Ayu Mirayanti, S.Kep., M.Kep., Wakil Ketua II Bidang Administrasi Umum, Dr. M. Fairuz Abadi, S.Si., M.Si., Wakil Ketua III, Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Putu Gede Subhaktiyasa, ST.,MM., serta Kaprodi dan Dosen STIKES Wiramedika Bali.

Ketua STIKES Wira Medika Bali Drs. I Dewa Agung Ketut Sudarsama, MM., menjelaskan, kegiatan ini dimaksudkan untuk meberikan pelatihan dasar-dasar kepemimpinan bagi mahasiswa baru sehingga mampu menyelesaikan tugas-tugas kedepan, baik tugas akademik maupun non akademik dan mereka bisa mengelola kegiatan dengan baik sebagai calon pemimpin yang mempunyai kapasitas dan kompetensi yang memadai.

“Sesuai dengan cita cita kita mereka diharapkan kedepannya bisa menjadi seorang pemimpin-pemimpin bangsa, mulai dari kepemimpinan di instansi, kemudian di masyarakat. Itu adalah cita cita besar kita untuk mempersiapakan mahasiswa secara dini melaui pelatihan dasar kepemimpinan ini” ujarnya.

Dewa Agung menambahkan, implementasi yang dilakukan diantaranya melalui organisasi kemahasiswaan seperti terlibat didalam organisasi BEM, maupun kegiatan UKM lainnya. “Para mahasiswa dapat mengimplementasikan berbagai program BEM, termasuk berbagai kegiatan di UKM – UKM yang ada. Semuanya merupakan implementasi dari latihan kepemimpinan di kampus, sehingga dari situ mereka sudah bisa melakukan hal kecil, selanjutnya melakukan hal yang lebih besar baik di kampus dan masyarakat, sekaligus mereka bisa mengevaluasi apa yang mereka lakukan sebagai tonggak untuk meningkatkan kapasitas mereka dalam ilmu kepemimpinan” imbuhnya.

Sementara Kepala LLDikti Wilayah 8, Dr. I Gusti Lanang Bagus Eratodi, S.T., M.T., IPU., ASEAN.Eng., APEC., mengatakan pelatihan kepemimpinan yang diselenggarakan oleh STIKES Wira Medika Bali memang sangat dibutuhkan oleh seluruh mahasiswa, sehingga mereka akan mempunyai motivasi, dan jiwa kompetisi, sehingga apa yang akan mereka raih di masa depan akan di dapatkan melalui pelatihan ini.

“Sejauh mana mereka bisa menangkap transfer ilmu pengetahuan yang diberikan, sehingga melalui pelatihan ini diharapkan mahasiswa menjadi siap untuk menjadi seorang pemimpin di masa depan” ujarnya.

“STIKES Wira Medika Bali merupakan salah satu kampus kesehatan terbaik di bali yang memiliki percepatan sangat tinggi dalam rangka menuju kampus yang siap dan toleransi terhadap transformasi pendidikan merdeka belajar, kemudian siap menuju kampus yang berkualitas unggul” imbuh Gusti Lanang.

Ketua panitia LKMM 2023, STIKES Wira Medika Bali, A.A. Sri Sanjiwani, S.Psi, M.Psi, Psikolog menjelaskan bahwa dalam kegiatan LKMM ini mahasiswa baru dilatih dan diberikan berbagai materi untuk mengasah kemampuan mahasiswa untuk mengembangkan kepemimpinannya, mulai dari critical thinking, problem solving, manajemen waktu termasuk manajemn diri yang akan diberikan oleh narasumber-narasumber yang kompeten.

Baca Juga :  Prodi Magister Ilmu Peternakan Terima Pendampingan dari LP3M Unud

“Melalui Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa ( LKMM ), diharapkan semua mahasiswa memiliki dassar dalam berorganisasi, sehingga pengembangan kepemimpinan bisa dimulai dari organisasi dulu, dan nantinya di dunia kerja mereka mempunyai bakat-bakat atau bibit pemimpin untuk mengembangkan dirinya di dunia kerja itu sendiri” ucapnya. (kbh5)

Related Posts