October 14, 2024
Daerah Ekonomi

Optimalisasi Peran Lembaga Inkubator, Kemenko Perekonomian RI Kunjungi Inkubator Bali Entrepreneur Collaborator

Denpasaar – kabarbalihits

Inkubator Bisnis Bali Entrepreneur Collaborator menerima kunjungan kerja dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. Kunjungan ini diterima oleh Sekretaris Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Bali serta Ketua, Manajer, dan tim dari Bali Entrepreneur Collaborator. Hadir dalam kegiatan ini Abdul Ghofar yang merupakan Analis Kebijakan Ahli Madya Koordinator Kelompok Substansi Kewirausahaan, Romi Ramdani sebagai Analis Kebijakan Muda Substansi Kewirausahaan dan Tim Analis Perekonomian Kemenko Prekonomian.

A.A Istri Tri Jayanti ( Tim Humas Inbis )

Kunjungan ini diadakan dalam rangka mengevaluasi implementasi PP No.7 tahun 2021 tentang kemudahan, perlindungan dan pemberdayaan koperasi dan UMKM dan PermenKopUKM No.3 tahun 2021 tentang pelaksanaan PP No.7 Tahun 2021 dalam penyelenggaraan inkubasi serta menganalisis kendala dan isu dalam penyelenggaraan inkubasi pemerintah daerah. Dengan adanya pertemuan ini diharapkan diporehnya langkah-langkah strategis untuk meningkatkan/mendukung penyelenggaraan inkubasi untuk mengoptimalkan peran lembaga Inkubator.

Manager BEC ( Bali Entrepreneur Collaborator ) I Putu Gatot Adiprana menyampaikan agar ada batasan mengenai lingkup pembagian tugas antara inkubator pemerintah dan inkubator perguruan tinggi sehingga kedepannya baik inbis pemerintah maupun inbis perguruan tinggi mampu bersinergi dan berkolaborasi dalam program dan kegiatan pengembangan inkubasi. “Tujuannya dapat menumbuhkan wirausaha baru yang profesional agar mempunyai nilai tambah ekonomi dan berdaya saing” ujarnya.

Baca Juga :  Perangi Corona, PLN Telah Kucurkan Bantuan Lebih Dari Rp 24 M

Sementara Tim Humas Inbis, A.A Istri Tri Jayanti mengungkapan bahwa kegiatan ini merupakan agenda yang penting untuk BEC agar mengharmonisasi beberapa program dengan Pemerintah Pusat.

Diskusi terkait dengan optimalisasi lembaga inkubator berlangsung kurang lebih 2 jam, sebagai tanda koordinasi Kemenkoperekonomian RI menyerahkan cenderamata kepada inkubator Bali Entrepreneur Collaborator selanjutnya acara dilanjutkan dengan kunjungan ke salah satu tenant dari Inbis BEC yaitu Koperasi Produsen Cipta Wastra Sundara yang memiliki fokus terhadap produk tenun di Bali. (r)

Related Posts