June 24, 2024
Pendidikan

Tingkatkan Kualitas Dokumen Akreditasi, LP3M Universitas Udayana Gelar Pelatihan Pendampingan Internal

Badung – kabarbalihits

Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Udayana (Unud) selenggarakan Pelatihan Pendampingan Internal untuk penyusunan dokumen akredityas program studi yang diselenggarakan secara daring melalui aplikasi Cisco Webex, Jumat (18/08/2023). Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber yakni Dr. Slamet Wahyudi selaku Dewan Eksekutif BAN-PT dan Dr. drh. Hapsari Mahatmi, M.P. selaku Ketua Tim Pendamping Internal Universitas Udayana.

Ketua Panitia Dr. Ketut Widya Purnawati, S.S., M.Hum. dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan Pelatihan Pendamping Internal ini merupakan penyegaran bagi para pendamping internal di Universitas Udayana yang terdiri dari para asesor, evaluator, dan auditor serta tim penjaminan mutu baik di tingkat program studi maupun fakultas.

Pendamping Internal yang terdaftar sebagai peserta sebanyak 109 orang. Melalui kegiatan ini pula akan dilakukan pendataan Pendamping Internal, sehingga mungkin akan ada anggota yang berhenti karena sudah pensiun dan akan ada penambahan anggota yang baru.

“Tentunya diharapkan setelah kegiatan ini para Pendamping Internal memahami dan mampu memberikan arahan kepada program studi untuk melaksanakan Praktik Baik dalam penyusunan Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) dan Laporan Evaluasi Diri. Pendampingan seperti ini bertujuan untuk mengurangi bahkan menghilangkan resiko tidak berterimanya dokumen akreditasi baik secara teknis maupun secara substansi” ujar Ketut Widya.

Baca Juga :  Bangun Kaum Muda Jadi Wirausaha Berbasis Digital, Tema Muscab dan Pelantikan DPC IWAPI Gianyar

Sementara Prof. Ir. I Nengah Sujaya, M.Agr.Sc., Ph.D. dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan kegiatan kali ini adalah untuk meningkatkan kualitas borang atau dokumen akreditasi yang akan disubmit ke Badan Akreditas Nasional (BAN) dan Lembaga Akreditas Mandiri (LAM).

“Selain itu, yang lebih penting adalah untuk mendapatkan informasi terkait isu-isu terkini tentang akreditasi dan proses segala seluk-beluknya yang akan disampaikan oleh narasumber. Para Pendamping Internal atau Asesor Internal adalah garda terdepan di Universitas Udayana, tidak hanya mengembangkan akreditasi tetapi juga diupayakan untuk menciptakan quality culture” ucap Prof Sujana. (r)

Sumber : Tingkatkan Kualitas Dokumen Akreditasi, LP3M… – UNUD | Universitas Udayana

Related Posts