July 19, 2024
Daerah

Ribuan Masyarakat Desa Tegal Harum Sambut Piala Juara I Lomba Desa Tingkat Nasional

Denpasar – kabarbalihits

Ribuan masyarakat Desa Tegal Harum tumpah ruah menyambut kedatangan Piala Juara I Lomba Desa Tingkat Nasional Wilayah Regional II Jawa-Bali  yang berhasil diraih desa ini. Mereka bersuka cita karena Desa Tegal Harum menorehkan sejarah sebagai desa pertama di wilayah Kota Denpasar yang berhasil meraih prestasi bergengsi tingkat nasional tersebut.

Piala Juara I Lomba Desa Wilayah Regional II Jawa-Bali tiba di Bandara Ngurah Rai pada Sabtu, (19/8/2023) dibawa langsung oleh Perbekel Tegal Harum, I Komang Adi Widiantara bersama Ketua TP PKK Tegal Harum, Ni Luh Gede Ernawati beserta rombongan. Sebelumnya, penghargaan ini diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian di Jakarta (15/8/2023) dalam acara Temu Karya Nasional dan Penganugrahan Penghargaan Desa dan Kelurahan Berprestasi Tahun 2023.

Setibanya di Desa tegal Harum, kedatangan piala yang dibawa oleh Komang Adi Widiantara tersebut disambut ribuan masyarakat. Mereka melakukan kirab sebagai bentuk rasa bahagia dan bangga atas keberhasilan yang diraih Desa Tegal Harum. Berbagai atraksi budaya ditampilkan dalam kirab ini, mulai dari Tari Bali, atraksi pramuka, atraksi bela diri silat, karate, tarung derajat, rebana, serta bondres. Atraksi budaya ini sekaligus mencerminkan persatuan masyarakat Desa Tegal Harum di tengah berbagai keberagaman yang ada di desa ini.

Pada kesempatan tersebut, Perbekel Tegal Harum, I Komang Adi Widiantara mengucapkan terima kasih atas dukungan seluruh masyarakat Desa Tegal Harum dan semua pihak yang ikut terlibat, sehingga Desa Tegal Harum berhasil meraih prestasi membanggakan di tingkat nasional. Menurutnya, karena berbagai dukungan tersebut, Desa Tegal Harum kini berhasil menorehkan sejarah sebagai desa pertama di wilayah Kota Denpasar yang meraih Juara I Lomba Desa di Tingkat Nasional.

“Dalam momen Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, kita Desa Tegal Harum membuat sejarah, tidak hanya di Desa Tegal Harum, tapi di Kota Denpasar menjadi Juara I yang pertama dalam lomba desa tingkat nasional. Apresiasi dari Bapak Walikota atas keberhasilan kita, karena bagaimanapun juga kalau kita berbicara di Provinsi Bali, ini baru kedua kalinya di Provinsi Bali. Yang pertama di tahun 2017, Desa Kutuh berhasil meraih juara I, dan kini di tahun 2023 sejarah itu berhasil kita dapatkan lagi di Desa Tegal Harum,” ungkap Komang Adi.

I Komang Adi WIdiantara menambahkan, prestasi Desa Tegal Harum tidak akan berhenti sampai disini, karena desa ini juga telah ditunjuk mewakili Bali dalam lomba terkait keterbukaan informasi publik, dan desa cinta statistik. “Astungkara Desa Tegal Harum akan kembali mewakili Provinsi Bali dalam kejuaraan tingkat nasional terkait dengan keterbukaan informasi publik, kemudian akan mewakili Bali dalam lomba desa cantik, Desa Cinta Statistik,” kata Komang Adi.

Keberhasilan Desa Tegal Harum dalam Lomba Desa Tingkat Nasional merupakan hasil dari proses panjang yang dimulai saat Lomba Desa Tingkat Kota Denpasar tahun 2022. Setelah menjadi yang terbaik di Kota Denpasar, Desa Tegal Harum kemudian berhasil menjadi Juara I dalam Lomba Desa Tingkat Provinsi Bali yang dilaksanakan pada bulan Juni 2023. Selanjutnya Desa Tegal Harum mewakili Bali dalam Lomba Desa Tingkat Nasional, yang dibagi menjadi 4 wilayah regional. Setelah melewati proses penilaian yang dilaksanakan mulai bulan Juli hingga Agustus 2023, Desa Tegal Harum berhasil menjadi yang terbaik di wilayah regional II Jawa Bali.

Baca Juga :  Kapolda Bali Terima Kunjungan PWI Bali

Prestasi gemilang Desa Tegal Harum tidak lepas dari berbagai inovasi yang dilaksanakan di Desa Tegal Harum, diantaranya layanan administrasi berbasis digital, perpustakaan desa, keterbukaan informasi publik, Hatinya PKK, hingga keberhasilan dalam mengelola Badan Usaha Milik Desa.(kbh7)

Related Posts