June 24, 2024
Daerah Nasional

Mengharumkan Nama Provinsi Bali dan Kota Denpasar, Desa Tegal Harum Berhasil Meraih Juara 1 Lomba Desa Tingkat Nasional Tahun 2023

Jakarta – kabarbalihits

Desa Tegal Harum Kecamatan Denpasar Barat, Kota Denpasar, berhasil menorehkan prestasi gemilang untuk mengharumkan nama Provinsi Bali dan Kota Denpasar di tingkat nasional. Mewakili Provinsi Bali, Desa Tegal Harum berhasil meraih Juara 1 Regional II yang meliputi Provinsi Jawa – Bali dalam Lomba Desa Tingkat Nasional tahun 2023.

Penghargaan di terima oleh Perbekel Desa Tegal Harum, I Komang Adi Widiantara yang diserahkan secara langsung oleh Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian dalam acara Temu Karya Nasional dan Penganugerahan Penghargaan Desa dan Kelurahan Berprestasi tahun 2023, bertempat di Hotel Discovery Ancol Jakarta, Selasa (15/8). Desa Tegal Harum merupakan desa pertama di Kota Denpasar yang berhasil meraih juara 1 dalam lomba Desa Tingkat Nasional.

Dalam Kesempatan tersebut Gubernur Bali yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Made Sudarsana dan Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara meraih penghargaan Upakarya Wanua Nugraha sebagai Kepala Daerah yang dinilai berprestasi dalam memajukan Desa/ Kelurahan.

Temu Karya Nasional dan Penganugerahan Penghargaan Desa dan Kelurahan Berprestasi tahun 2023 juga dihadiri oleh Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa Kota Denpasar, I Wayan Budha, Camat Denpasar Barat Ida Bagus Made Purwanasara, dan Ketua Tim Penggerak PKK Desa Tegal Harum, Luh Gede Ernawati.

Perbekel Desa Tegal Harum, I Komang Widiantara sangat bersyukur karena telah berhasil mengharumkan nama Provinsi Bali dan Kota Denpasar di Tingkat Nasional sebagai juara 1 Regional II dalam lomba desa tingkat nasional tahun 2023. Prestasi yang diraih menurut Perbekel Desa yang inovatif ini merupakan sebuah proses yang telah dilakukan selama ini dengan melibatkan seluruh partisipasi masyarakat di Desa Tegal Harum.

” Berbagai macam terobosan dan inovasi kreatif yang kami lakukan muaranya adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat di Desa Tegal Harum. Kami akan terus berkomitmen untuk meningkatkan dan memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat dengan berbasis digital. Apa yang belum kami lakukan ditahun – tahun sebelumnya akan kami lakukan sehingga tujuan akhirnya kesejahteraan masyarakat di Desa Tegal Harum bisa tercapai” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Komang Adi Widiantara juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung Desa Tegal Harum sehingga berhasil meraih juara 1 dalam Lomba Desa Tingkat Nasional, terutama kepada Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara dan Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa yang selalu merespon dan mendukung berbagai kegiatan yang dilakukan oleh Desa/ Kelurahan yang ada di Kota Denpasar.

Sementara Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara sangat mengapresiasi dan berbangga atas prestasi yang di raih oleh Desa Tegal Harum di Tingkat Nasional di bawah kepemimpinan Perbekel I Komang Adi Widiantara “Bayangkan ada sekitar 75 ribu lebih Kepala Desa di seluruh Indonesia, dan kita bisa menjadi juara 1 tingkat Nasional Regional II yang meliputi Jawa – Bali. Semoga ini bisa menjadi motivasi bagi kepala desa dan lurah yang ada di kota denpasar untuk dapat berprestasi di tingkat nasional” ucapnya.

Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri, Dr. Prasetyanto Purnomo Putro, menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada kepala desa dan lurah di seluruh Indonesia yang telah berprestasi di Tingkat Nasional. Tentunya tahapannya sangat berat, dimana desa/ kelurahan harus menjadi juara mulai dari tingkat kecamatan , kabupaten/ kota, dan tingkat Provinsi sehingga berhasil menjadi juara di tingkat Regionalnya masing – masing.

” Untuk Desa Tegal Harum yang telah berhasil meraih juara 1 Tingkat Nasional Regional II Jawa – Bali, saya berharap desa Tegal Harum bisa menjadi percontohan bagi wilayah di sekitarnya sehingga dapat meningkatkan motivasi bagi desa dan kelurahan untuk terus berprestasi. Setelah berprestasi, tidak cukup sampai menjadi juara saja, tapi harus terus berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas desa. Cari pengalaman dari desa yang lain untuk terus berinovasi sehingga Desa Tegal Harum bisa menjadi percontohan bagi desa lainnya di seluruh Indonesia ” jelasnya.

Desa Tegal Harum yang berhasil menjadi Juara 1 Tingkat Nasional Regional II Jawa – Bali, telah melakukan berbagai inovasi di bidang digitalisasi sehingga menjadi Desa Literasi Digital. Salah satu aplikasi yang diciptakan adalah Aplikasi SIPESAT ( Aplikasi Pelayanan Terintegrasi ) dengan aplikasi ini dapat meningkatkan kualitas administrasi publik agar menjadi satu data yang terintegrasi, sehingga output yang disajikan menjadi lebih akurat.

Baca Juga :  Badung Vaksinasi Puluhan Anjing Liar di Pantai Kuta dan Legian

Untuk Lomba Desa Tingkat Nasional Regional II yang meliputi Jawa – Bali, juara 2 diraih oleh Desa Logandeng Kecamatan Playen Kabupaten Gunung Kidul Provinsi D.I. Yogyakarta dan juara 3 diraih oleh Desa Cinta Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat. (kbh5)

Related Posts