July 19, 2024
Daerah

Wabup Suiasa Lepas Peserta Raimuna Nasional XII Tahun 2023

Badung-kabarbalihits

Wakil Bupati Badung selaku Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) I Ketut Suiasa melepas peserta Raimuna Nasional (Rainas) XII Gerakan Pramuka Kwartir Nasional Tahun 2023 yang ditandai dengan pemasangan topi dan tas kepada peserta Raimuna. Raimuna sendiri merupakan pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan Kwartir Gerakan Pramuka.

Pelepasan dilaksanakan di Rumah Jabatan Wakil Bupati Badung, Puspem Badung, Kamis (10/8) dan dihadiri Ketua Kwartir Ranting se-Badung, Sekretaris Kwarcab Badung Maria Agustini, Bendahara Kwarcab Badung, Kepala SMA/SMK peserta Rainas (selaku Kepala Mabigus), beserta para Raimuna Nasional XII.

Ditemui seusai acara pelepasan, Wabup. Suiasa mengatakan sebagai Ketua Kwarcab Kabupaten Badung, melaksanakan pelepasan terhadap adik-adik peserta Raimuna Nasional XII, dimana mereka sebagai duta Kwarcab Badung, untuk mengikuti Raimuna Nasional XII di wilayah Cibubur selama seminggu.

Dikatakan secara prinsip Kwarcab Badung senantiasa, juga memberikan ruang dan peluang yang ada untuk selalu senantiasa bersungguh-sungguh, konsisten, berkesinambungan, dalam rangka memberikan kesempatan kepada para adik-adik peserta pramuka yang ada di wilayah Kabupaten Badung, dalam rangka menimba ilmu, baik bersifat dari segi pengalaman, maupun dari segi keterampilan, untuk mendapatkan informasi-informasi di zaman teknologi saat ini.

“Berkenaan dengan kegiatan Raimuna Nasional XII, kita di Kwarcab Badung, mengikuti sebanyak dua puluh sembilan (29) peserta adik-adik kita, serta didampingi oleh dua pendamping. Kemudian ada pemantau juga kita kirim, sehingga para adik-adik kita senantiasa mengikuti kegiatan Raimuna Nasional XII. Berkenaan dengan strategi yang kita bangun, kedepan saya harapkan kepada generasi muda, mari kita jaga sportivitas kedepannya. Pada intinya kita ingin meningkatkan, memperteguh jiwa pribadi, untuk  membangun karakter buat para adik-adik kita. Semoga adik-adik kita terus aktif, kreatif maupun inovatif, dengan harapan kedepan mereka menjadi SDM yang mampu bersaing terhadap masa depannya sendiri. Pihaknya menjelaskan, pada intinya mereka agar menjadi pemimpin kita, maupun sebagai kader-kader daerah, juga sebagai kader-kader bangsa di masa depan ini. Mereka juga akan menentukan nasib hidup mereka kedepan. Maka dari itu, kewajiban kita dalam hal ini, memberikan dukungan, baik memberikan ruang terhadap mereka untuk menimba ilmu pengetahuan maupun keterampilan di luar sana,” jelasnya.

Baca Juga :  Para Pengusaha di Buleleng Diajak Terus Berpartisipasi Hadapi Pandemi Covid-19

Sementara itu, pembina pendamping I Ketut Muliarta dalam laporannya mengatakan, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini, dalam rangka membina persaudaraan, memperkuat persatuan dan kesatuan, melestarikan kebudayaan, serta meningkatkan kualitas generasi muda dalam kegiatan pramuka penegak dan pramuka pandega tingkat nasional sebagai bekal untuk mencapai standar kecakapan di masa depan.

”Adapun jadwal kegiatan, waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan Raimuna Nasional XII, dilaksanakan pada tanggal 14 sampai dengan 21 Agustus Tahun 2023, bertempat di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur. Jumlah peserta Raimuna Nasional Kontingen cabang Badung berjumlah delapan (8) orang penggerak putra, sebelas (11) orang penggerak putri, dua (2) orang pimpinan Kontingen dan dua (2) orang pembina pendamping dengan total 23 orang,”ucapnya.(r)

Related Posts