May 29, 2024
Pendidikan

Primakara University Komitemen Hasilkan Technopreneur Handal

Denpasar – kabarbalihits

Primakara Unversity sebagai kampus swasta digital terbaik di Bali, berkomitem untuk terus mencetak talenta-talenta digital sekaligus menjadi technopreneur yang handal, hal tersebut diungkapakan Founder sekaligus Rektor Primakara University, I Made Artana, S.Kom., M.M., pada acara Media Gathering Primakara University, di Grya Bimasakti Jalan Melati, Denpasar, Rabu (9/8).

Primakara Unversity sebelumnya merupakan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) yang berdiri sejak tahun 2013. Setelah 10 tahun berdiri, pada tahun 2023 STMIK Primakara bertransformasi menjadi Primakara Unversity.

Primakara University memiliki dua fakultas, yaitu Fakultas Teknologi Informasi dan Desain, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Pada Fakultas Teknologi Informasi dan Desain memiliki 4 program studi (prodi) yakni Prodi S1 Informatika, Prodi S1 Sistem Informasi, Prodi S1 Sistem Informasi Akuntansi, dan Prodi S1 Desain Komunikasi Visual. Sedangkan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, terdapat 3 prodi. Yaitu Prodi S1 Bisnis Digital, Prodi S1 Manajemen, dan Prodi S1 Akuntansi.

Rektor Primakara University, I Made Artana, S.Kom., M.M., mengatakan bahwa walaupun terdapat Fakultas Ekonomi dan Bisnis namun seluruh prodi dibawah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, manajemennya nanti akan berbau IT yaitu manajemen bisnis teknologi informasi mengingat Primakara University merupakan kampus IT.

Made Artana menjelaskan mengapa lulusan SMA atau sederajat harus memilih kuliah di Primakara University. Pertama, karena kampus ini terjamin kualitasnya, dan telah tersertifikasi 2 standar internasional yaitu ISO 9001:2015 untuk penjaminan mutu, dan ISO 21001:2018 untuk pengelolaan perguruan tinggi. Kampus ini juga terakreditasi B dengan kualifikasi sangat baik.

“Alasan kedua, kuliah di Primakara University akan membuat lebih percaya diri. karena Primakara University telah dinobatkan sebagai Kampus IT dan Bisnis Terbaik 2020 Bali dan Nusra serta menjadi Kampus Terinovatif 2021 se-Bali dan Nusra. ” ujarnya. Dan alasan ketiga, punya kepastian karier yang cemerlang karena 94,80% lulusannya bekerja secara layak, gajinya di atas 1,2 kali UMR. 77,75% lulusan Primakara bekerja sesuai bidang studi, 69,20% sudah bekerja sebelum wisuda, dan 19,05% lulusan Primakara menjadi pengusaha digital (technopreneur)” jelasnya.

Baca Juga :  Rai Mantra Berharap Para Pendidik Menjadi Agen Sosialisasi Protokol Kesehatan di Sekolah

Lebih lanjut dijelaskan, kampus Primakara itu tampilannya tidak seperti kampus lainnya karena memang dirancang sesuai gaya anak muda, sehingga mahasiswa tidak malas datang ke kampus tapi justru menjadikan kampus Primakara tak hanya tempat belajar namun jadi tempat nongkrong yang edukatif.

Artana mengungkapkan, begitu lulus, masa tunggu alumni untuk bekerja dan diterima di dunia usaha dan dunia industri itu kurang dari tiga bulan. sehingga banyak lulusan Primakara yang bekerja pada posisi yang bagus, dan tak sedikit pula lulusannya menjadi pengusaha digital.

“Sejumlah industri pun mengakui lulusan Primakara memiliki keahlian yang sesuai dengan kebutuhan industri atau perusahaan, mampu melakukan pengembangan software dengan sangat baik, dan mampu mengerjakan tiap proyek sesuai yang diharapkan perusahaan” ujar Sosok Inovatif yang telah puluhan tahun berkecimpung di dunia IT ini.

Baca Juga :  Rektor Universitas Ngurah Rai Tutup Usia

Guna Menunjang peningkatan kualitas pendidikan, saat ini Primakara University telah menyiapkan ekosistem startup untuk mencetak talenta-talenta digital sekaligus menjadi technopreneur yang handal. Tujuan ini sesuai goals utama berdirinya kampus Primakara yang ingin mencetak lulusan memiliki jiwa entrepreneur berbasis teknologi digital. Primakara University juga memberikan beasiswa programmer karena mengingat bali masih kekurangan talenta di bidang programing dan peluang kerja dbidang ini snagat besar. (kbh5)

Related Posts