October 14, 2024
Pendidikan

UNHI Denpasar Gelar Karya Ngratep, Melaspas dan Masupati Pelawatan Ida Sesuhunan di Pura Maha Widya Mandira

Denpasar-kabarbalihits

Universitas Hindu Indonesia (UNHI) Denpasar, jumat (28/7) telah memulai rangkaian Karya Ngratep, Melaspas, dan Masupati Pelawatan Ida Sesuhunan di Pura Maha Widya Mandira yang berada di lingkungan kampus universitas tersebut.

Hadir Rektor UNHI dan Ketua Yayasan Pendidikan Widya Kerthi, Kolonel Purn. Dr. Drs. Dewa Ketut Budiana, M.Fil, serta para dosen dan mahasiswa.

Tidak hanya dihadiri oleh para civitas akademika UNHI, upacara tersebut juga menjadi istimewa dengan kehadiran Wakil Gubernur Bali, Dr. Ir. Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, M.Si, beserta Penglingsir Puri Agung Kesiman, Anak Agung Ngurah Kusuma Wardhana.

Acara yang dipimpin oleh Ida Pedanda Gede Kediri dari Gria Selat Peken Susut Bangli ini juga melibatkan Ida Pedanda Buda dari Griya Buda Celuk Sukawati Gianyar dan Ida Rsi Bhujangga Gria dari Griya Tembawu Denpasar.

Ketua Yayasan, Dewa Ketut Budiana, dalam pernyataannya menyampaikan bahwa upacara ini diselenggarakan sebagai bentuk penghormatan dan mengingat bahwa Ida Sesuhunan telah lama berstana di Pura Maha Widya Mandira di kampus UNHI Denpasar. Namun, karena pandemi COVID-19, upacara tersebut tertunda, dan akhirnya pihak yayasan menginisiasi acara ini sebagai bentuk penghormatan yang layak.

Sang ketua yayasan juga menekankan bahwa dalam kehidupan ini terdapat konsep kehidupan sekala dan niskala, dan melalui upacara ini, diharapkan situasi yang ada dapat diperbaiki.

“Tujuan dari upacara ini adalah agar para pimpinan UNHI Denpasar tetap memiliki visi, pemikiran, pandangan, dan perasaan yang sama. Dengan demikian, diharapkan UNHI akan semakin berkembang dan meraih kesuksesan lebih besar di masa depan,” ujarnya.

Rektor UNHI, Prof. Dr. Drh. I Made Damriyasa, MS, menyatakan bahwa upacara ini dapat memperkuat keakraban dan persaudaraan di kalangan keluarga besar UNHI, serta meningkatkan kinerja dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi (pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat).

Baca Juga :  Totalitas Dalam Dunia Medis, dr. Iswahyudi Dalami Ilmu Hukum Kesehatan di Pascasarjana Unud

Wakil Gubernur Bali, Dr. Ir. Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, M.Si, memberikan apresiasi yang sangat besar atas pelaksanaan karya istimewa ini. Semangat kerukunan yang tercipta dalam acara tersebut diharapkan dapat menjadi pendorong bagi seluruh civitas akademika UNHI Denpasar untuk bersama-sama membesarkan lembaga ini ke depannya.

Dengan adanya upacara Karya Ngratep, Melaspas, dan Masupati Pelawatan Ida Sesuhunan ini, semangat kebersamaan dan kearifan lokal dapat terus dijaga, dan UNHI Denpasar diharapkan semakin berkembang menjadi lembaga pendidikan yang unggul dan berprestasi. (kbh2)

Related Posts