July 19, 2024
Pendidikan

Dosen Universitas Warmadewa Beri Pelatihan Kewirausahaan Petani Garam Mertaning Segara Desa Pesinggahan

Klungkung – Kabarbalihits

Pulau Bali merupakan salah satu pulau di Indonesia dengan penghasil garam yang memiliki cita rasa yang khas. Dengan Proses tradisional, mampu menghasilkan garam dengan tekstur dan rasa yang unik serta memiliki manfaat bagi kesehatan karena mengandung mineral maupun nutrisi yang lebih baik dibanding garam hasil pemprosesan di pabrik.

Menyikapi persaingan yang terjadi dengan garam buatan pabrik, sudah tentu tantangan bagi petani garam untuk meningkatkan jiwa kewirausahaannya agar mengetahui strategi yang tepat untu bisa berinovasi dan juga dalam memarketing produk. Hal ini makin vital karena terintegrasi dalam persaingan era digital, petani dituntut makin peka terhadap bagaimana membranding garam organik ini menjadi green product yang memiliki kualitas dan bahan yang baik.

Untuk meningkatkan daya saing sekaligus meningkatkan kualitas sekaligus memperluas pangsa pasar kelompok usaha garam Mertaning Segara, Universitas Warmadewa (Unwar) Denpasar melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM) memberikan pelatihan kepada kelompok usaha garam Mertaning Segara, Jumat (14/7).

Ketua Pelaksana, IA Cynthia Saisaria Mandasari,SE.,MM memaparkan, pendampingan dilakukan bertujuan untuk mengatasi persaingan yang terjadi pada garam tradisional dan garam pabrik dengan memperkuat branding green product. Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memperluas pangsa pasar konsumen dengan penggunaan pemasaran digital. “Program kemitraan rutin dilaksanakan Universitas Warmadewa kepada masyarakat sesuai potensi di daerah yang ada,”ucapnya.

Kelompok ini mengalami kendala kurangnya jiwa kewirausahaan sehingga penjualan hanya dilakukan sederhana pada masyarakat sekitar, kurangnya pemahaman teknik pemasaran apa yang diperlukan untuk meningkatkan pendapatan serta memperluas pangsa pasar, kurangnya pemahaman mengenai pembukuan keuangan cara mengatasi perselisihan yang terjadi dengan konsumen. Untuk mengatasi hal ini, maka dengan melaksanakan PKM ini diharapkan kelompok Usaha Garam (Kugar) Mertaning Segara dapat meningkatkan penjualan dengan memperluas pangsa pasar melalui digital marketing”paparnya. (r)

Related Posts