October 27, 2024
Daerah

Sekda Adi Arnawa Hadiri HUT STT Widya Santi Bhakti ke-27 dan Wisma Pest Ke-5, Ajak Generasi Muda Bersatu Padu, Jaga dan Lestarikan Seni, Adat Budaya

Badung-kabarbalihits

Bupati Badung yang diwakili oleh Sekda Badung Wayan Adi Arnawa menghadiri acara Ulang Tahun STT Widya Santi Bhakti Ke-27, Banjar Bakung Sari, Desa Adat Ungasan, Minggu (16/7). Kegiatan tersebut dirangkum dengan pelaksanaan Wisma PEST Ke-5, dengan menampilkan Parikrama dan Wibhakara Tari Jauk Manis dan Mekendang Tunggal.

Sebagai wujud perhatian dan dukungan Pemkab Badung, Sekda Adi Arnawa menyerahkan dana senilai Rp 30 juta. Hadir pula anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten Badung dapil Kuta Selatan, Camat Kuta Selatan, Kelian Desa Adat Ungasan, Perbekel Desa Ungasan, LPM dan Linmas Desa Ungasan, Kelian adat, Kelian Dinas dan Kelian Banjar se-Desa Ungasan, Babinsa, Bhabinkamtibmas, STT Eka Karsa, Sabha Yowana, Sekaa Teruna di wewidangan Desa Adat Ungasan dan tokoh masyarakat maupun undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Sekda Adi Arnawa menyampaikan permohonan maaf karena Bupati Badung belum bisa hadir karena sesuatu dan lain hal. Namun, Bupati Giri Prasta kemudian menugaskan dirinya untuk hadir dan memberikan sambutan mewakili Bupati Nyoman Giri Prasta. Selaku guru wisesa, Pemerintah Kabupaten Badung mengucapkan terimakasih kepada STT Widya Santi Bhakti yang telah melaksanakan Parikrama dan Wimbhakara tersebut. Kegiatan tersebut membuktikan bahwa STT tersebut ikut melestarikan adat seni dan budaya jagat Bali. “Hal ini tentu sangat bagus sekali, karena seperti diketahui bersama bahwa Kabupaten Badung merupakan kawasan destinasi wisata. Tentunya seni, adat dan budaya harus senantiasa ajeg dan dilestarikan,” ucapnya.

Bertalian dengan HUT STT Widya Santi Bhakti Ke-27, ia meminta para yowana dan seluruh STT di Ungasan agar selalu bersatu. Sebab, hal itu merupakan modal untuk mengajegkan sektor pariwisata di Badung. Kenyamanan, keamanan dan ketertiban merupakan harga yang mutlak, sehingga semua pihak harus senantiasa bersatu. Dengan demikian, apapun program yang hendak dituju tentu dapat terlaksanakan dengan baik.

Baca Juga :  Penyerahan Penghargaan BUMD 2021

Pihaknya menegaskan akan senantiasa mendukung setiap acara-acara yang dilaksanakan para Yowana, Banjar, Desa Adat dan Desa Dinas Ungasan. Jika tidak salah, pada tahun 2023 ini direncanakan bangunan Balai Banjar Bakung Sari akar segera di rehabilitasi. Hal itu merupakan bentuk perhatian pemerintah selaku guru wisesa yang sangat besar kepada kerama sejebag jagat Badung. Untuk itu ia kembali meminta agar bagaimana semua kerama senantiasa mendukung dan melaksanakan himbauan atau kebijakan dari Pemkab Badung selaku guru wisesa. “Semoga apa yang diharapkan dan ditujukan dapat berjalan lancar, labda karya, sida purna, sida sidaning don,” imbuhnya.

I Wayan Suma Bintang Sastrawan selaku Ketua Panitia acara menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kelancaran acara. Ia menjelaskan bahwa Wisma PEST bukanlah sebuah festival, melainkan bentuk kepedulian dan kasih sayang akan ekonomi sosial dan tradisi. Dimana, PEST merupakan akronim dari kata P yaitu Peduli Kasih, E artinya Ekonomi Kreatif, S yaitu Sosial dan T yaitu Tradisi. “Acara ini dilaksanakan oleh seluruh anggota STT Widya Santi Bhakti, dengan biaya Rp 95 juta. Dana ini berasal dari pihak sponsor, kas, bantuan desa dan pihak lainnya yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu,” terangnya.(r)

Related Posts