June 24, 2024
Daerah

Sekda Adi Arnawa Hadiri Ngeratep dan Ngodakin Tapakan Pura Rempak Taman Sari Kapal

Badung-kabarbalihits

Bertepatan dengan Purnama Sasih Kasa, Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa mewakili Bupati Badung mengikuti serangkaian Karya Ngeratep dalam rangka Ngodakin Tapakan di Pura Rempak Taman Sari Kapal yang dipuput oleh Ida Pedanda Gede Diksa Singarsa Manuaba dari Griya Mayun  Babakan Cau Belayu bertempat di Pura Rempak Taman Sari Banjar Uma Kapal, Senin (3/7).

Turut hadir Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Badung I Made Suwardana, Anggota DPRD Kabupaten Badung Ni Komang Tri Ani, perwakilan dari Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung, Camat Mengwi I Nyoman Suhartana, Lurah Kapal I Nyoman Adi Setiawan, Bendesa Desa Adat Kapal I Ketut Sudarsana, Pemangku dan seluruh Pemedek.

Upakara dihiasi dengan memasang Sekar Emas di Petapakan Barong Ratu Gede Pura Rempak Taman Sari oleh Sekda Adi Arnawa dan Pewintenan 30 orang pemuda-pemudi dari Pengempon Pura Rempak Taman Sari Kapal sebagai tanda menjadi anggota baru Sekaa Gong dan Pecalang baru Pura Rempak Taman Sari Kapal dilanjutkan dengan sembahyang bersama oleh seluruh Pemedek.

Sebagai bentuk motivasi dan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Badung, Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa menyerahkan secara simbolis bantuan dana sebesar Rp. 700 juta dan dana pribadi sebesar dari Sekda Adi Arnawa sebesar Rp 5 juta yang diterima langsung oleh Ketua Manggala karya I Nyoman Udiana disaksikan seluruh pemedek.

Dalam sambutannya Sekda Wayan Adi Arnawa mengucapkan rasa syukur dan bahagia bisa hadir dan sebagai upasaksi di karya Pujawali Pura Rempak Taman Sari dan Karya Ngeratep dalam rangka Ngodakin Tapakan di Pura Rempak Taman Sari Kapal. “Saya bangga bisa hadir disini dan bisa menyaksikan karya pujawali di Pura Rempak Taman Sari. Dengan dilaksanakan upacara ini semoga kita selalu diberikan kesehatan, kerahayuan agar upacara bisa berjalan lancar,” harapnya.

Baca Juga :  Bupati Tabanan Paparkan Program Dan Potensi Alam Tabanan Dalam Webinar Indonesia - Taiwan Technology Cooperation Forum 2021

Sementara Panitia Manggala karya I Nyoman Udiana, mengatakan kegiatan ini merupakan lanjutan dalam rangka upaya memperbaiki Petapakan Pelinggihan Ida Bhatara, dimana kegiatan ini sudah  berjalan dari sekian bulan sebelumnya, hari ini dilaksanakannya upacara ngeratep dan selanjutnya lagi dua bulan mendatang dilaksanakannya upacara penyineban, dilanjutkan dengan upacara Piodalan Majelihan.

“Berkenaan dengan acara selanjutnya, kami mengundang Sanak Putun Ida Bhatara yang terdiri dari sebelas Petapakan berupa Barong, yaitu bertepatan dengan Rahina Anggara Kasih Julungwangi pada tanggal 18 Juli 2023 mendatang dan pada ini merupakan kelanjutan upacara Pengodakan atau memperbaiki Pelinggihan Ida bhatara dengan upacara Ngeratep,” jelasnya.(r)

Related Posts