July 24, 2024
Daerah Seni Budaya

Sekda Badung Hadiri Gladi Resik Gong Kebyar Legendaris

Badung-kabarbalihits

Sekretaris Daerah I Wayan Adi Arnawa menghadiri acara Gladi Resik Gong Kebyar Legendaris Genta Budaya Banjar Dalem Desa Angantaka dan Gong Kebyar Gargita Budaya Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung, bertempat di Jaba Pura Kahyangan Dalem Desa Adat Angantaka, Sabtu (1/7).

Turut hadir anggota DPRD Badung I Made Ponda Wirawan, perwakilan dari Dinas Kebudayaan Badung, perwakilan Camat Abiansemal, Perbekel Angantaka AA. Ngurah Gede Eka Surya, Bendesa Adat Angantaka Ida Bagus Ngurah, Ketua Sabha Desa I Wayan Yuda, Ketua BPD Angantaka I Nyoman Yudana serta masyarakat setempat.

Sekda adi Arnawa dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Kabupaten Badung memberikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan-kegiatan positif seperti acara Gong Kebyar Legendaris.

“Kehadiran Pemerintah Kabupaten Badung melalui kepemimpinan Bapak Bupati Badung tetap mensupport kegiatan-kegiatan positif yang dilaksanakan oleh masyarakat seperti kegiatan Gong Kebyar Legendaris. Siapapun yang mewakili Badung dalam acara PKB, di tahun berikutnya akan dibantu dengan hibah. Ini sebagai bentuk perhatian maupun kenang-kenangan dari pemerintah disamping juga bagian dari melestarikan seni, budaya kita,“ ujarnya seraya menyerahkan dana motivasi sebesar Rp. 30 juta.

Sementara itu Ketua Panitia I Wayan Karmana Yasa menjelaskan, Sekaa Gong Kebyar Legendaris Genta Budaya, sudah berada sejak 1927. Sekaa Gong Kebyar Legendaris Genta Budaya Banjar Dalem Desa Angantaka memiliki pelatih dari daerah Mambal yakni I Gusti Made Lumbung.

“Kami ucapkan terimakasih Kepada Bapak Sekda Badung yang selalu mensupport kegiatan kami. Berkenaan dengan kegiatan pentas Gong Kebyar Legendaris sudah diadakannya berbagai kegiatan yakni dilakukannya penunjukan oleh Dinas Kebudayaan Badung pada tanggal 2 Februari 2023. Dilanjutkan dengan kegiatan forum dalam rangka menyatukan persepsi, termasuk menyepakati, mempersiapkan diri mewakili Kabupaten Badung. Dan koordinasi dengan para penabuh serta penari. Tanggal 6 Maret bertepatan dengan  Purnama Kesanga dilaksanakan upacara matur piuning dan dilanjutkan dengan kegiatan latihan,” jelasnya.(r)

Related Posts