October 14, 2024
Daerah Lifestyle

Ratusan Peserta Ikuti Lomba Ikan Mas Koki Bali di Hari Bhayangkara Festival

Denpasar-kabarbalihits

Guna memperkenalkan Ikan Mas Koki Bali pada masyarakat, Polda Bali menggandeng Asosiasi Ikan Mas Koki Bali melombakan Ikan Mas Koki Bali pada Hari Bhayangkara Festival di lapangan Timur Bajra Sandhi, Renon, Sabtu, (30/6/2023)

Menurut Ketua Asosiasi Ikan Mas Koki Bali, Gusti Agung Gede Wahyu, Ikan Mas Koki Bali ini pertama kali dilombakan pada Hari Bhayangkara ke 77, yang diikuti 181 peserta dari seluruh Bali.

Selain untuk memeriahkan Hari Bhayangkara ke 77, Lomba Ikan Mas Koki Bali bertujuan untuk memasyarakatkan Ikan Mas Koki Bali. Sebab dinilai tidak banyak masyarakat yang mengetahui tentang Ikan Mas Koki Bali, terlebih telah dikeluarkannya Hak Atas Kekayaan Intelektual (HaKI) dari Kemenkumham, bahwa Ikan Mas Koki Bali salah satu hewan endemik dari Bali.

“kedepan kita harapkan Ikan Mas Koki Bali ini bisa dikenal ke Nasional. Jadi untuk mempopularitaskan bukan sebatas di Bali saja,” harapnya.

Dalam penilaian lomba Ikan Mas Koki Bali ditentukan dari postur tubuh, dan bentuk ekor. Menjadi pembeda pada Ikan Mas Koki Bali dibandingkan dengan jenis Ikan Mas Koki daerah lainnya yakni terletak pada ekor. Dimana ukuran ekor disebut bisa melebihi dua kali ukuran badan ikan tersebut.

“semakin berumur semakin panjang dia,” katanya.

Mengenai perawatan Ikan Mas Koki Bali dikatakan sama halnya dengan ikan hias lainnya. Cukup ditempatkan di gentong dan tidak membutuhkan aerator (mesin penghasil gelembung udara).

“pada awalnya pemeliharaan secara tradisional masih di gentong, ada juga di kolam,” ujarnya.

Saat ini pembudidaya Ikan Mas Koki Bali semakin berkembang di wilayah Bali. Terbukti pada asosiasi yang dipimpinnya telah membawahi 22 komunitas Ikan Mas Koki Bali.

Baca Juga :  Polisi Tangkap Polisi, Diduga Gelapkan Sejumlah Motor dan Mobil

Ditambahkan awal kedatangan Ikan Mas Koki ke Bali tidak lepas dari hubungan perdagangan antara Bali dengan Cina pada pemerintahan kerajaan Jaya Pangus. Dimana Ikan Mas Koki dijadikan souvenir, dan berkembang dibeberapa Puri di Bali.

“itu narasumber dari tahun 1983, itu yang mereka dapatkan darisana. Mulai berkembang pada garis besarnya di Denpasar sebenarnya, justru lebih banyak perkembangan ikan mas koki Bali,” imbuhnya.

Peserta lomba akan memperebutkan hadiah berupa uang total senilai Rp 20 juta dan piagam penghargaan dari Polda Bali. (kbh1)

Related Posts