October 14, 2024
Pendidikan

Penutupan International Community Services Program And Guest Lecturer, Kerja Sama Unwar Bersama CBSUA Phillippines

Denpasar-kabarbalihits

Kerjasama Universitas Warmadewa (Unwar) dengan Central Bicol State University of Agriculture, (CBSUA) Phillippines melalui International Community Services Program resmi ditutup, sabtu (24/06) di Ruang Jaya Sigha Mandapa Unwar.

Kegiatan yang mengusung tema “Strengthening Capacity of Sarining Trigona Pertiwi Beekeeper And Woman Group (PKK) Through International Networking” diawali dengan Guest Lecture dan International Community Services Program di Kelompok Madu Sarining Trigona Pertiwi Desa Bongkase Pertiwi Badung, serta di Kelompok PKK Desa Wanagiri, Sukasada Buleleng.

Ka. LPM Unwar, Prof. Dr. Drs. I Wayam Wesna Astara, SH., MH., M.Hum., dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat luar biasa, dalam beberapa hari bersama Tim dari CBSUA Philipines banyak ilmu dan pengetahuan yang didapatkan. Dari kegiatan-kegiatan tersebut banyak ide baru yang ditemukan untuk pelaksanaan pengabdian dan penelitian.

“Kami berharap kedepan kolaborasi ini agar terus dikembangkan. Dapat lebih banyak melibatkan stakeholder serta program mampu dirasakan secara luas oleh masayarakat,” ujarnya.

Rektor Unwar, Prof. Dr. Ir. I Gede Suranaya Pandit, MP., dalam sambutannya menyampaikan beberapa rangakaian kegiatan International Community Service dan Guest Lecture telah dilaksanakan secara sukses. Kegiatan yang dilaksanakan di lapangan juga mendapatkan antusias yang besar oleh masyarakat. Narasumber kegiatan juga menyampaikan apresiasinya atas keramahan masyarakat khususnya kelompok budidaya madu dan PKK Desa Wanagiri dalam kegiatan pengabdian tersebut.

“Harapannya kolaborasi ini dapat terus berlanjut bahkan dapat ditingkatkan kembali di tahun depan. Kegiatan ini akan sangat berdampak untuk pencapain visi misi kita untuk Go Global khususnya kompetitif di tingkat ASEAN,” harap rektor.

Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Dr. Drs. Anak Agung Gede Oka Wisnumurti, M.Si memberikan apresiasinya kepada Central Bicol State University of Agriculture, (CBSUA) Phillippines yang sudah berkunjung ke Warmadewa terkait tindak lanjut kerjasama yang dijalin selama ini. Kerjasama yang dijalin adalah melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, selanjutnya dosen tamu dan terakhir adalah kerjasama riset.

Baca Juga :  Rektor Terima Audiensi Pengurus Ikatan Alumni Universitas Udayana (IKAYANA)

“Jadi kerjasama Tri Dharma ini kedepannya diharapkan bisa dikembangkan dalam bentuk pertukaran dosen dan pertukaran mahasiswa. Hal itu tidak lain adalah bagian dari visi kita yakni Universitas warmadewa Go Global Tahun 2034,” papar Wisnumurti.

Ditambahkannya di tahun 2026 Universitas Warmadewa sudah “Go Global” di tingkat ASEAN.

“Nah inilah yang kita dorong agar Warmadewa mulai mengembangkan sayapnya untuk melakukan kerjasama dengan universitas-universitas ternama yang ada di negara ASEAN,” pungkasnya.

Acara diakhiri dengan penyerahan sertifikat program International Community Service kepada seluruh narasumber oleh Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri yang didampingi oleh Rektor Unwar, WR I, WR II Unwar, beserta seluruh panitia.(r)

Related Posts