July 19, 2024
Daerah Seni Budaya

Pentaskan Tari Janger Tradisi, Sekda Badung Hadiri Pengukuhan Pakis Kecamatan Abiansemal

Badung-kabarbalihits

Mewakili Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa menghadiri pengukuhan Paiketan Krama Istri (Pakis) Kecamatan Abiansemal masa bakti Tahun 2023-2028, pada rangkaian acara tersebut dipentaskan juga Tari Janger Tradisi oleh 12 penari putra dan 12 penari putri dengan tema “Waktu Gangga” persembahan dari Sanggar Seni Budaya Yowana Desa Mambal yang menjadi Duta Kabupaten Badung pada Pesta Kesenian Bali (PKB) XLV Provinsi Bali. Acara tersebut dilaksanakan di Wantilan Pura Dalem Desa Adat Mambal, Kecamatan Abiansemal, Kamis (15/6).

Turut hadir pada acara tersebut Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Badung I Made Ponda Wirawan, Kadis Kebudayaan I Gd Eka Sudarwitha, Camat Abiansemal Ida Bagus Putu Mas Arimbawa, Kapolsek Abiansemal Kompol I Gusti Made Sudarma Putra didampingi Bhabinkamtibmas Desa Mambal, Danramil 1611-05/Abiansemal Kapten Kav. Ketut Darmawan dan Babinsa Desa Mambal, Perbekel se-Kecamatan Abiansemal, Ketua PHDI Kab. Badung dan Kecamatan Abiansemal, Bendesa Madya MDA Kabupaten Badung, Bendesa Adat Mambal I Wayan Sukarma, Bendesa Adat se-Kecamatan Abiansemal, Kelian Banjar Adat se-Desa Mambal, Kelian Dinas se-Desa Mambal, Ketua Yowana Desa Mambal I Made Darmawan serta masyarakat Desa Mambal.

Sebagai bentuk perhatian dan pelestarian Seni, Agama, Adat dan Budaya, Sekda Adi Arnawa memberikan dana bantuan pribadi sebagai dukungan dan motivasi sebesar Rp 5 juta yang diterima langsung oleh Ketua Yowana Desa Mambal I Made Darmawan disaksikan oleh seluruh undangan dan masyarakat Desa Mambal.

Setelah menyaksikan Tari Janger Tradisi yang dipentaskan oleh Sanggar Seni Budaya Desa Mambal, Sekda Adi Arnawa dalam sambutannya memberikan pesan agar penari yang akan pentas menjadi Duta Kabupaten Badung agar selalu menjaga kebugaran dan kesehatan, karena performa penari janger dan penabuh tampil dengan atraktif, tidak mengecewakan dan memuaskan sudah tentu ini membutuhkan segala upaya dan perjuangan yang maksimal.

Baca Juga :  Peduli Satwa, Guru Paud Gugus II Abiansemal Gelar Pemberian Pakan Satwa Monyet di Obyek Wisata Sangeh

“Saya perintahkan kepada Kadis Kebudayaan tolong catat ini baik-baik untuk merubah model anggaran kegiatan seperti ini kedepan, prioritaskan siapa pun yang akan menjadi Duta mewakili Kabupaten Badung dapat/tidak juara harus tetap diberikan hibah karena ini merupakan bagian dari reward dan harus kita berikan perhatian,” ujarnya.

Dikatakan lebih lanjut, Badung merupakan daerah yang sumber PAD nya sebagian besar berasal dari sektor pariwisata. “Jika berbicara pariwisata sudah tentu daya tariknya adalah pariwisata yang disupport oleh budaya yang didalamnya terdiri dari unsur Agama, Adat, Seni dan Budaya, maka itu komitmen dan kebijakan dari Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta sebisa mungkin dan harus melalui program pelestarian adat dan budaya untuk menyisihkan anggaran untuk pengembangan dan pelestarian agama, adat, seni dan budayanya,” ucap Adi Arnawa.

Sementara Ketua Panitia I Wayan Sukarma mengucapkan Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bupati Badung yang diwakili oleh Sekda Badung dan pihak-pihak yang telah mendukung terlaksananya acara Pementasan Tari Janger Tradisi dan Pengukuhan Pakis Kecamatan Abiansemal sehingga berjalan dengan baik tanpa ada halangan dan rintangan. Diakhir acara dilanjutkan dengan pengukuhan Paiketan Krama Istri (Pakis) Kecamatan Abiansemal oleh Bendesa Madya MDA Kabupaten Badung yang pembentukannya sudah dilaksanakan pada tanggal 8 Mei 2023 lalu bertempat di Kantor Camat Abiansemal.(r) 

Related Posts