October 14, 2024
Pendidikan

Didukung Yayasan Nawa Dharma Raksa, Lomba Yoga Asanas UHN I Gusti Bagus Sugriwa Berlangsung Sukses

Bangli-kabarbalihits

Serangkaian Dies Natalis Universitas Hindu Negeri (UHN) I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar tahun 2023 ini, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Yoga menggelar Lomba Yoga Asanas yang digelar dari tanggal 9 hingga 11 Juni 2023 bertempat di Aula Fakultas Dharma Duta UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar Kampus Bangli.

Kegiatan lomba Yoga Asanas Nasional yang bertemakan “Bangkit Membangun Hidup Sehat dengan Yoga Asanas (Sambandha Kriya) di Era Pasca Pandemi mengikutkan peserta dari tingkat SD, SMP, SMA/ SMK hingga perguruan tinggi atau umum.

Ketua UKM Yoga UHN I Gusti Bagus Sugriwa, Ni Kadek Yuliana Dewi mengatakan dasar pemikiran dilaksanakannya lomba Yoga Asanas ini mengingat pelaksanaan Yoga di kampus UHN I Gusti Bagus Sugriwa telah diterapkan melalui UKM Yoga dengan memiliki anggota yang cukup banyak baik dari mahasiswa baru maupun mahasiswa yang telah lulus dari kampus.

“Sehingga dengan pelaksanaan lomba Yoga ini diharapkan bisa menambah pengetahuan tentang Yoga yang akan dilaksanakan setiap tahun,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, dalam pelaksanaan di hari pertama lomba diikuti oleh peserta SD se-bali. Menginjak di hari kedua event nasional ini melombakan yoga di tingkat SMP, dan di hari ketiga lomba diikuti oleh peserta SMA/ SMK dan dari peserta umum.

Hadir dalam Lomba Yoga Asanas tersebut Yayasan Nawa Dharma Raksa (NDR) yang turut memberi dukungan atas keberhasilan kegiatan. Karena berdirinya yayasan ini dilatarbelakangi peran kampus UHN I Gusti Bagus Sugriwa karena telah mempersatukan para pendiri yayasan.

“Kita mensupport kegiatan kemahasiswaan di UHN I Gusti Bagus Sugriwa karena yayasan NDR berdiri bersama teman-teman yang tergabung di Fakultas Brahma Widya khususnya di Program Study Kepanditaan. Dalam hal ini kami mengucapkan selamat kepada adik-adik mahasiswa utamanya UKM Yoga yang telah berhasil menggelar lomba Yoga Asanas tingkat nasional, semoga kedepannya semakin baik dan semakin jaya,” kata Ketua Yayasan Nawa Dharma Raksa, Jmk. Marta Susila, ST

Baca Juga :  SMA Negeri 1 Balai Riam Kalimantan Tengah Kunjungi Universitas Udayana

Pembina UKM Yoga UHN I Gusti Bagus Sugriwa, Dr. Drs. I Made Sugata, M.Ag menyatakan pelaksanaan lomba Yoga Asanas di tahun ini berbasiskan Yoga Bali Kuno. Menurutnya Yoga yang merupakan kearifan lokal Bali yang belum dieksplorasi secara maksimal, kini diperkenalkan lewat kegiatan ini.

“Termasuk juga pada kegiatan kali ini kita mencoba untuk memperkenalkan Yoga Bali Kuno Tradisi Watu Karu melalui sebuah lomba yang merupakan sebuah ajang dalam rangka pembinaan sekaligus mensosialisasikan secara menyeluruh Yoga Tradisi Watu Karu yang benar-benar membawa manfaat bagi kehidupan masyarakat kita,” ucap Sugata.

Mewakili Rektor, Wakil Dekan Fakultas Dharma Duta, Dr. Dewa Ketut Wisnawa, S.Sn, M.Ag dalam kesempatan tersebut berharap kegiatan ini mampu berkolaborasi dengan pihak luar seperti yayasan diseluruh Bali yang memiliki visi yang sama dengan UKM Yoga. “Seperti utamanya Yayasan Nawa Dharma Raksa (NDR) yang sangat penting untuk menggaungkan UHN I Gusti Bagus Sugriwa yang tetap mempertahankan yoga,” ucapnya.

Kabid Urusan Agama Hindu Kanwil Kementerian Agama Prov. Bali, Drs. I Wayan Santa Adnyana, M. Ag setelah membuka Lomba Yoga, jumat (9/6) memberikan apresiasinya kepada UHN I Gusti Bagus Sugriwa lewat UKM Yoga atas pelaksanaan lomba yoga tingkat nasional ini.  Terlebih lagi disaat melakukan kegiatan sehari-hari masih diberikan kesempatan melakukan yoga yang tidak lain adalah sebagai olah bathin.

“Dengan diadakannya lomba yoga secara nasional ini tentu harapan kita ingin menjadikan manusia itu sendiri, khususnya umat Hindu mencapai kesehatan. Dengan kesehatan itu kita akan mendapatkan sesuatu yang kita harapkan apalagi nanti bangsa Indonesia mencanangkan tahun emas karena mencapai keemasan di tahun 2045 mendatang,” pungkasnya.

Total Peserta pada kegiatan lomba Yoga Asanas tingkat nasional ini diikuti sebanyak 37 kelompok dengan setiap kelompok terdiri dari 4 orang peserta.

Baca Juga :  Wabup Suiasa Pimpin Rakor Percepatan Penurunan Stunting Tingkat Kabupaten Badung

Juara peserta Lomba Yoga Asanas Nasional katagori SD diraih oleh :

Harapan 3 : Sanggar Samirata

Harapan 2 : SD Saraswati 3 Denpasar

Harapan 1 : SDN 3 Peguyangan

Juara 3     : Sanggar Samirata

Juara 2     : SD Saraswati 3 Denpasar

Juara 1     : SD 11 Peguyangan Denpasar

Juara peserta Lomba Yoga Asanas Nasional katagori SMP diraih oleh :

Harapan 3 : SMP N 4 Tembuku

Harapan 2 : SMP Dharma Wiweka Denpasar

Harapan 1 : SMP Mutiara Singaraja

Juara 3      : SMP N 4 Tembuku

Juara 2      : SMP N 4 Denpasar

Juara 1      : SMP PGRI 2 Denpasar

Juara peserta Lomba Yoga Asanas Nasional katagori SMK diraih oleh :

Juara 3 : SMK Sastra Mandala

Juara 2 : SMK Pembangunan

Juara 1 : SMK N 1 Tembuku

Juara peserta Lomba Yoga Asanas Nasional Katagori Perguruan Tinggi dan Umum diraih oleh :

Juara Harapan 1    : Universitas Hindu Indonesia

Juara 3                 : Dream Team Community

Juara 2                 : Yoginah Sthiram

Juara 1                 : Institut Agama Hindu Negeri (IAHN) Tampung Penyang Palangka Raya

Related Posts