October 14, 2024
Pendidikan

Pengabdian Masyarakat Prodi D4 Manajemen Proyek Konstruksi Teknik Sipil PNB di Desa Kedisan Tegallalang

Gianyar-kabarbalihits

Program Studi D4 Manajemen Proyek Konstruksi Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Bali tahun 2023, kembali terjun ke masyarakat dalam rangka melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat, yang merupakan wujud dari salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi selain Pengajaran dan Penelitian.

Pelaksanaan pengabdian ini tentunya melibatkan segenap civitas akademika Jurusan Teknik Sipil PNB yakni dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni dan aparat desa serta masyarakat Desa Kedisan, Tegallalang, Gianyar.

Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 27 dan 28 Mei 2023, berupa Pelatihan Peningkatan Pemahaman Metode Kerja dan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) Pekerjaan Konstruksi bagi Pekerja Bangunan Di Desa Kedisan, Tegallalang Gianyar.

Alasan dari diselenggarakan pelatihan ini karena masih banyak pekerja/tukang bangunan yang ada di Desa Kedisan belum memiliki skill dan pengetahuan dasar keteknilsipilan khususnya yang berkaitan metode kerja dan Kesehatan dan Keselamatan Kerja pekerjaan konstruksi.
Pengabdian ini bertujuan untuk mengedukasi dan memotivasi masyarakat tentang pentingnya pelaksanaan K3 pekerjaan konstruksi.

Selain itu memperoleh umpan balik dan masukan lain bagi perguruan tinggi dan terakhir untuk meningkatkan pemahaman terhadap metode kerja dan K3 pekerjaan konstruksi bagi pekerja bangunan di Desa Kedisan, Kecamatan Tegallalang.

Menurut Ketua Panitia Made Sudiarsa, ST., MT, dalam pelatihan ini diikuti oleh sebanyak 25 orang pekerja/tukang dari beberapa banjar yang ada di wilayah Desa Kedisan dan mereka sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut karena selama ini mereka belum pernah memperoleh pelatihan metode kerja dan K3 pekerjaan konstruksi.

Kegiatan Pengabdian ini dilaksanakan dengan metode ceramah dan diskusi, dimana pada hari pertama diberikan materi terkait dengan Metode kerja, Pengenalan K3, Pengenalan APD dan APK oleh Made Sudiarsa, ST., MT, sedangkan pada hari kedua disampaikan materi tentang Penerapan SMK3 Konstruksi untuk melipatgandakan nilai ekonomi, dengan narasumber Prof. Dr. Ir. Lilik Sudiajeng, MErg. Disamping itu dalam proses kegiatan pelatihan, setiap peserta dibekali 1 Set APD yang berupa Helm, Sarung Tangan, Rompi jaring dan Sepatu Boat.

Baca Juga :  Ikadewa Gelar Temu Alumni Serangkaian Dies Natalis Unwar ke-40

Selain metode ceramah, juga dilaksanakan sesi diskusi guna berbagi pengalaman dan mencari solusi atas permasalahan nyata yang ada di lapangan terkait dengan metode kerja dan K3 pelaksanan proyek-proyek infrastruktur penunjang Desa Kedisan sebagai Desa Wisata. Pada akhir dari kegiatan ini dilakukan peragaan cara menggunakan APD (Alat Pelindung Diri) yang selanjutnya diikuti oleh semua peserta pelatihan serta diikuti dengan pekikan zero accident.

Selanjutnya dari hasil evaluasi setelah kegiatan ini dilakukan, semua peserta telah mengetahui konsep K3 dan merasa termotivasi untuk menerapakan K3 pada proyek-proyek yang akan dikerjakan.(r)

Related Posts