October 27, 2024
Pendidikan

Warmadewa Serahkan Piala Bergilir Festival Budaya Saraswati Rangkai Piodalan dan Perayaan Turunnya Ilmu Pengetahuan

Denpasar-kabarbalihits

Tepat pada hari Saniscara Umanis Wuku Watugunung yang menandakan turunnya ilmu pengetahuan atau Hari Raya Saraswati, segenap civitas akademika Universitas Warmadewa (Unwar) merayakan sekaligus menggelar piodalan di Pura Swagina Sri Ksari Kampus Unwar. Piodalan yang digelar sabtu (20/5) juga dirangkai dengan penyerahan Piala Bergilir Festival Budaya Saraswati serangkaian gebyar PMHD Universitas Warmadewa yang di raih oleh Fakultas Pertanian Unwar.

Tampil sebagai Manggala Karya atau panitia dalam piodalan Saraswati di Unwar kali ini adalah Fakultas Teknik dan Perencanaan. Dekan, Prof. Dr. Ir. I Wayan Runa, M.T., mengatakan beberapa rangkaian yang dilaksanakan dalam memeriahkan piodalan kali ini adalah pementasan wayang Cenk Blonk dan Joged.

“Sehingga dengan puncak piodalan kali ini yang bertepatan dengan Hari Raya Saraswati bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di waktu yang akan datang,” ujar Prof Runa.

Rektor Unwar Prof. Dr. Ir. I Gde Suranaya Pandit, MP mengatakan Warmadewa sebagai lembaga pendidikan tinggi pada Hari Raya Saraswati merayakan turunnya ilmu pengetahuan, baik ilmu pengetahuan teori maupun ilmu praktis.

“Mahasiswa kita hari ini menyambut serta mengucapkan puja dan puji syukur kepada sang pencipta melalui Sang Hyang Aji Saraswati sehingga diharapkan ilmu pengetahuan itu bisa lahir dan dapat mengilhami seluruh civitas akademika yang ada di Warmadewa,” ucapnya.

Sehingga dengan demikian rektor berharap Unwar tumbuh dan berkembang serta menjadi sebuah lembaga yang melahirkan calon pemimpin dan calon penerus yang memiliki ilmu pengetahuan teknologi yang selalu berkembang.

Seusai piodalan, Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Dr. Drs. Anak Agung Gede Oka Wisnumurti, M. Si memberikan apresiasinya kepada “Tempekan” Fakultas Teknik dan Perencanaan sebagai penyelenggara perayaan Hari Raya Saraswati sekaligus piodalan di pura kampus setempat.

Baca Juga :  Hunian Sepi, Hotel Di Denpasar Gandeng Komunitas Reptile Bali Gelar Kontes 

“Perayaan Saraswati seperti yang kita tahu bersama adalah turunnya ilmu pengetahuan. Kampus sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan harus bisa mem-breakdown nilai-nilai kearifan dan nilai-nilai filosofi Saraswati sebagai ujung tombak dalam mempertajam pikiran ucapan dan tindakan,” tegas Wisnumurti.

Sehingga Hari Raya Saraswati menurutnya tidak hanya ilmu pengetahuan itu turun, akan tetapi lebih daripada itu yakni seluruh umat manusia bisa memanfaatkan ilmu pengetahuan untuk kehidupan yang lebih baik.(kbh2)

Related Posts