October 14, 2024
Daerah Pariwisata

Momen Lebaran, Wisatawan Padat ke Bali Dibandingkan Arus Mudik

Denpasar-kabarbalihits

Mabes Polri menyatakan musim mudik di Provinsi Bali berjalan dengan aman. Dimana karakter Bali dipandang berbeda dengan daerah lainnya di Indonesia. Selain arus mudik, arus wisatawan yang datang ke Bali justru lebih tinggi. Terbukti saat libur lebaran terjadi kemacetan di beberapa ruas jalan wilayah Badung, Denpasar dan sekitarnya.

Hal tersebut diungkapkan oleh Analisis Kebijakan Utama Bidang Manajemen Operasi Polri, Brigjen Pol Yehu Wangsajaya saat memantau arus balik di sejumlah gerbang masuk Bali, serangkaian pengawasan Operasi Ketupat Agung 2023 melalui Command Center Polda Bali, Selasa siang (25/4/2023).

Yehu Wangsajaya mengatakan, sejauh ini arus mudik dan arus balik di Bali berjalan dengan normal dan kondusif, serta tidak ada kejadian yang menonjol. Peran masyarakat juga dipandang turut membantu kepolisian dalam hal menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Bali.

“mohon ini tetap dijaga, tanpa masyarakat polisi pun tidak akan berhasil,” kata Brigjen Pol Yehu Wangsajaya.

Pengawasan yang dilakukan Polri juga dikatakan sejalan dengan arahan dari Presiden Joko Widodo, terkait himbauan kepada masyarakat untuk menghindari puncak arus balik dengan menunda jadwal kembali dari mudik.
“kita perlu ada kerjasama dari para pemudik yang akan balik ke Provinsi Bali untuk menjaga keamanan dan ketertiban, dan mau diatur oleh petugas,” ujarnya.

Baca Juga :  Kepulangan Habib Riziq Shihab ke Indonesia, Tokoh Muslim Bali Beri Tanggapan Ini

Yang menarik baginya, justru kedatangan wisatawan ke Bali dinilai mengalami peningkatan pada momen lebaran. Namun, Yehu Wangsajaya tidak menjelaskan secara rinci angka pergerakan wisatawan yang datang ke Bali saat musim libur lebaran. Menurutnya kondisi tersebut menjadikan Bali memiliki karakteristik berbeda dengan daerah lain saat memasuki musim mudik lebaran.

“rupanya banyak yang masuk ke Provinsi Bali, sangat padat sekali, di Airport, di Gilimanuk itu yang berlibur,” jelasnya.

Pihaknya juga menghimbau kepada wisatawan yang datang ke Bali untuk mematuhi ketentuan dan menjunjung tinggi Budaya dan adat istiadat di Provinsi Bali, agar keamanan tetap terjaga dengan kondusif. (kbh1)

Related Posts