October 14, 2024
Seni Budaya

Hut ke -6, Jagabaya Dulang Mangap Bali Gelar Upacara Menek Kelih & Metatah Massal Gratis

Badung -Kabarbalihits

Membantu meringankan beban dan tanggungjawab masyarakat dalam pelaksanaan Upacara Manusa Yadnya DPD Jagabaya Dulang Mangap Bali melaksanakan upacara Manusa Yadnya Menek Kelih dan Metatah Massal untuk umum tanpa dipungut biaya alias gratis.

Upacara yang dilaksanakan di Jaba Pura Dalem Sibanggede Kecamatan Abiansemal Kabupaten Badung tersebut dilaksanakan 22 dan 23 April 2023. Turut Hadir Ketua DPRD Bali Nyoman Adi Wiryatama, Kadis Kebudayaan Badung Gede Eka Sudarwitha, Anggota DRD Badung, Putu Alit Yandinata dan Nyoman Gede Wiradana serta tokoh maupun pengurus MGPSSR. Ketua DPD Jagabaya Dulang Mangap Bali, Kadek Agus Suartana yang ditemui disela kegiatan menyampaikan upacara Menek Kelih dan Metatah Massal ini dilaksanakan serangkaian HUT ke-6 Jagabaya Dulang Mangap Bali.

“Upacara Menek kelih diikuti 35 orang dan Metatah 149 orang,”terangnya.

Agus Suartana mengatakan pihaknya sengaja membatasi peserta dalam kegiatan ini untuk memberikan pelayanan maksimal kepada para peserta. Adapun motivasi dalam oragnisasi Jagabaya Dulang Mangap sambung Agus Suartana melaksanakan kegiatan sosial bagi masyarakat Bali dalam meringankan beban atau tanggung jawab khususnya dalam Upacara Manusa Yadnya yakni menek kelih dan metatah.

Agus Suartana yang didampingi sejumlah pengurus berharap kepada pemerintah dapat membantu masyarakat yang kurang mampu dalam pelaksanaan Ipacara Pitra maupun Manusa Yadnya. Kedepan pihaknya di organisasi Jagabaya Dulang Mangap Bali akan melaksanakan kegiatan serupa secara periodik 2 atau 3 tahun sekali.

Sementara Ketua DPRD Bali Nyoman Adi Wiryatama yang hadir dalam kegiatan tersebut memberikan apresiasi terselenggaranya upacara Menek Kelih dan Metatah massal yang diinisiasi oleh Jagabaya Dulang Mangap Bali. Menurut mantan Bupati Tabaman dua periode hal ini merupakan terobosan baru yang dilakukan generasi pasemetonan Pasek.

Baca Juga :  Penemakuhan dan Pemlaspasan Alit di Pura Penataran Pasek Aan Dadia I Marme Komala

“Saya apresiasi sekali usaha -usaha seperti ini, sebagai Ketua DPRD Bali sekaligus sesepuh Pasek, kegiatan ini tidak memandang Klen atau Soroh lagi, terbukti Upacara Menek Kelih dan Metatah ini diikuti oleh klen -klen yang lain. Ini artinya Jagabaya Dulang Mangap Bali sudah menunjukkan kebersamaan. Ini sangat bagus untuk ditumbuh kembangkan”ucapya.

Lebih lanjut Adi Wiryatama menyampaikan apa yang telah dilakukan Jagabaya Dulang Mangap Bali ini juga akan menginisiasi untuk melaksanakan gotong royong bersama dan ditegaskannya semangat seperti ini tidak boleh pudar. “Kalau dibawah ( masyarakat,red) sudah akur tentu ini kan membuat jagat ini “Kerta” atau damai sejahtera,”paparnya.

Sebagai bagian pemerintah di Legislatif pihaknya mengatakan siap memback up penuh kegiatan seperti ini karena merupakan spirit atau semangat baru untuk kebersamaan.

“Saya selaku wakil rakyat tentu akan memperhatikan kegiatan seperti inii, ini membantu meringankan beban orang banyak,”tegasnya.(kbh6) 

Related Posts