October 14, 2024
Daerah

Penyerahan Sertipikat Tanah Tahun 2023 Kantah Badung, Diserahkan Langsung Gubernur Koster

Badung-kabarbalihits

Setidaknya sebanyak 12 bidang tanah dengan total seluas 2.185 meter persegi diserahkan Sertipikat Hak Atas Tanah untuk rakyat oleh Gubernur Bali, I Wayan Koster, terpusat di Balai Banjar Pesalakan Kelurahan Tuban, Kuta, Badung, selasa (18/4). Sertipikat tanah yang diserahkan tersebut merupakan aset yang sudah ditempati masyarakat setempat selama hampir 100 tahun melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap atau PTSL.

“Ini adalah satu contoh pemecahan masalah di masyarakat. Jadi saya selaku gubernur memetakan supaya aset itu betul-betul bermanfaat untuk masyarakat dan bermanfaat juga untuk pemerintah. Untuk itu, juga harus ada kepastian hukum atas hak yang seharusnya diberikan kepada warga masyarakat,” ujar Gubernur Koster dihadapan masyarakat dan penerima sertipikat.

Langkah ini sekaligus menjadi prestasi Kantor Pertanahan (Kantah) Kabupaten Badung karena sudah berhasil mewujudkan program Badung Lengkap Sertipikat Tanah 2024.

“Malah akan menjadi kendala bagi Program Badung Lengkap 2024 ketika ada beberapa bidang yang bermasalah, karena tidak bisa dipastikan status haknya,” ungkap Kepala Kantor Pertanahan Badung, Heryanto, S.SiT.,M.H seusai kegiatan.

Sehingga dengan penyerahan sertipikat dan penyelesaian permasalahan ini dipastikan Badung optimis dan yakin sebelum tahun 2024 program Badung Lengkap akan terwujud.

Sementara dalam meningkatkan layanan di Kantor Pertanahan Kabupaten Badung, beberapa inovasi dilakukan untuk menjadikan pelayanan Kantah Badung kepada masyarakat dari hari ke hari menjadi semakin baik. Inovasi tersebut adalah aplikasi Instant atau informasi pertanahan terpadu dengan cara mendownloadnya di aplikasi android.

“Ada beberapa fitur yang bisa digunakan, termasuk mengetahui sampai dimana posisi berkas, bagaimana mengetahui perjalanan berkas serta bagaimana mengetahui status berkas,” imbuhnya.

Selain itu ada juga aplikasi unggulan terbaru Kantah Badung yakni program Tridatu, yakni aplikasi yang memuat terkait tata ruang, nilai bidang tanah, memuat status tanah yang bisa digunakan dan diakses oleh masyarakat umum.

Baca Juga :  Demokrat Bangli Tolak Pihak Eksternal Cawe-Cawe di Partai Demokrat, Siap “Puputan” Jika Bali Dijadikan Lokasi KLB

Hadir pula Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Bali, Ir Andry Novijandri. Dalam sambutannya, Kakanwil mengatakan terkait target Lengkap Sertipikat Tanah di Kabupaten Badung sudah hampir seratus persen. Sehingga diharapkan akan mempercepat terjadinya investasi di Bali dan Badung khususnya. (kbh2)

Related Posts