October 14, 2024
Pendidikan

Kunjungi Pasar Tradisional, Mahasiswa International WIP Batch 13 Diajak ke Pasar Badung

Denpasar-kabarbalihits

Kegembiraan terlihat pada mahasiswa international yang mengikuti Warmadewa International Program (WIP) saat mengunjungi pasar tradisional di Bali. Kali ini, kamis (13/4) sebanyak 47 orang mahasiswa yang tergabung dalam WIP Batch 13 diajak ke Pasar Badung sebagai rangkaian workshop atau praktek perjalanan sehingga wawasan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di 5 negara berbeda ini bertambah.

Kegiatan ini sekaligus untuk memenuhi harapan mahasiswa international yakni mengenal adat dan budaya Bali termasuk kebiasaan masyarakat di pulau dewata.

Satu persatu pedagang di Pasar Badung mereka hampiri, bahkan ada beberapa mahasiswa yang konsen di salah satu penjual bumbu masakan. Hal ini menunjukkan mereka menemukan sesuatu yang luar biasa dalam menambah wawasan selama belajar di Bali.

Mahasiswa International yang mengikuti program khusus Fakultas Sastra Unwar ini berasal dari Perancis, Jerman, Jepang, Swedia dan Belanda dengan waktu study dari 3 April hingga 21 Juli 2023. Meski berasal dari negara yang berbeda, namun mereka berkolaborasi dengan baik Sehingga terjadi sharing pengetahuan, pengalaman dan budaya masing-masing, tentunya kolaborasi yang terjadi juga melibatkan mahasiswa Fakultas Sastra Unwar.

“Mengunjungi pasar tradisional ini menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi kami karena disini kami melihat begitu berbedanya budaya disini dengan Negara kami. Bahkan disini sangat luar biasa!! Saya bisa melihat banyak hal menjadi satu, seperti dagang buah, dagang makanan ringan, bahkan penjual pakaian ada disini,” terang salah satu mahasiswi asal negara Belanda, Britt Bogers.

Mahasiswi lainnya yakni dari Negara Jepang, Kanako Miyata mengatakan, dirinya mengunjungi semua pedagang di 4 lantai Pasar Badung ini.

“Saya melihat ada pedagang daging di lantai 1 lalu saya naik ke lantai 2, disana ada penjual buah-buahan, lantai 3 saya lihat banyak pedagang alat-alat upacara dan di lantai 4 saya lihat pedagang pakaian adat,” ucapnya.

Baca Juga :  PKKMB Universitas Udayana Tahun 2023, Aktualisasikan Potensi Mahasiswa

Mahasiswa lainnya, David Lundkvist mengatakan, WIP ini merupakan program yang informative, karena memberi wawasan yang sangat tepat bagi dirinya. Terlebih lagi workshop ini merupakan salah satu kegiatan dalam WIP, sehingga tidak saja dilakukan di dalam kelas, namun juga ada program lain termasuk program excursion dan workshop. (kbh2)

Related Posts