October 14, 2024
Nasional

Putu Rudana Minta Pemerintah Proaktif Kendalikan Harga Kebutuhan Pokok Jelang Ramadhan

Jakarta -Kabarbalihits

Anggota DPR RI Komisi VI dari Dapil Bali, Putu Supadma Rudana (PSR) meminta pemerintah proaktif mengendalikan harga kebutuhan pokok sehingga tidak membebani masyarakat. Terlebih memasuki Bulan Suci Ramadhan 1444 H tahun 2023.

“Kami berharap pemerintah, dalam hal ini Kementrian Perdagangan segera turun tangan seperti yang telah dilakukan Presiden Jokowi, turun sidak pangan, sidak pasar agar masyarakat tidak terbebani peningkatan harga kebutuhan pokok, karena permintaan yang tinggi memasuki bulan suci Ramadhan,,”ujar PSR di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (14/3).

Ditegaskan Putu Rudana selain melakukan sidak pasar, pemerintah juga harus mengawal supplay dari produk -produk kebutuhan pokok masyarakat.

“Karena kalau supplaynya terhambat atau akibat cuaca menjadi tertunda pasti harga itu akan naik. Jadi jalur distribusi dikawal dengan baik. Kita tidak mau ada peningkatan harga karena distribusi atau cuaca buruk atau bahkan kemacetan,” tegasnya.

Politisi dua periode di DPR RI ini juga mengingatkan pemerintah jangan sampai beralasan adanya kenaikan harga karena hasil panen yang menurun atau strategi yang diterapkan belum baik.

“Kita berharap semua ini segera dilakukan penanganan. Karena hal ini adalah manajemen. Jika terjadi mis manajemen yang dirugikan adalah masyarakat,” bebernya.

Pemerintah lanjut Putu Rudana juga sudah diberikan support khusunya dari Komisi VI DPR RI. Kementrian Perdagangan dan kementrian terkait lainnya mengawal secara lebih komperhenship kebutuhan pokok ini, sehinga harga -harga bisa terjangkau dan terjaga. Sementara, jelang libur Ramadhan dan lebaran juga kata Putu Rudana menjadi penting bagi pemerintah untuk melakukan antisipasi terjadinya kemacetan dan peningkatan harga tiket pesawat.

“Karena banyak masyarakat yang ingin berlibur pasca berakhirnya pandemi Covid-19. Peningkatan pergerakan masyarakat mudik atau libur lebaran harus dikawal dengan baik. Harapan saya jangan sampai harga tiket pesawat tinggi, tapi harus bisa dijangkau, tidak merugikan masyarakat,” terangnya.

Baca Juga :  Idul Adha 1445 H, Pegadaian Berkurban Salurkan 822 Ekor Hewan Untuk Masyarakat

Putu Rudana juga mengaku akan mendorong instansi maupun BUMN yang terkait bisa mengawal hal ini. “Bagaimana kenyamanan masyarakat mudik bisa berjalan dengan baik. Kami juga akan memanggil instansi dan BUMN untuk memastikan hal ini. Sehingga masyarakat dapat menikmati libur lebaran dengan nyaman dan aman,”tegasnya.

Tak lupa politisi aspiratif yang dikenal dengan semangat Menyama Braya ini mengucapkan selamat memasuki Bulan Suci Ramadhan kepada umat Muslim di seluruh Indonesia.

“Selamat menjalankan ibadah puasa bagi umat muslim dimanapun berada,”pungkasnya. (Kbh6)

Related Posts