October 14, 2024
Daerah

Calon Tenaga Kerja di Badung Difasilitasi Ketua DPRD Badung ke Luar Negeri

Badung-kabarbalihits

Ketua DPRD Badung, Putu Parwata akan memfasilitasi calon tenaga migran yang ada di Kabupaten Badung mengenai kesulitan biaya untuk berangkat ke luar negeri, melalui kerjasama dengan lembaga keuangan. 

Hal tersebut terungkap saat Putu Parwata menerima audensi LPK CIS di Ruang Rapat Pimpinan DPRD Badung, Selasa (7/3/2023). 

Dikatakan, pelajar di Badung yang menjalani pendidikan di LPK CIS akan difasilitasi untuk bekerja hingga ke luar negeri. LPK CIS disebut sebagai satu-satunya LPK yang memberikan fasilitas terintegrasi dari hulu ke hilir, terkhusus pada sistem pendidikannya menghasilkan output yang terampil dan memiliki keahlian saat dikirim sebagai tenaga migran ke luar negeri. 

“Tenaga-tenaga yang kita kirim ke luar negeri itu adalah tenaga yang memang terampil, jadi memiliki skill,” katanya. 

Calon tenaga migran juga disiapkan pembekalan melalui edukasi lembaga pelatihan. Kemudian disiapkan perusahaan khusus atau agen resmi internal yang memberangkatkan tenaga migran tersebut. 

Menjadi penting dalam memudahkan proses mendapatkan visa bagi calon tenaga migran yang ditempatkan pada perusahaan resmi di luar negeri, kerjasama akan dilakukan dengan lembaga keuangan yakni BPD Bali. 

“Dan perusahaan luar negeri yang bekerjasama dengan perusahaan resmi negaranya mengadakan kerjasama (MoU) dengan pemberi kredit, atau yang memberi pinjaman,” jelasnya. 

Sehingga melalui kerjasama tersebut, pihak pemberi kredit bisa membantu calon tenaga migran dan terjadi sinergitas internal dan eksternal. 

“Sehingga hasil akhir dari tujuan pendidikan ini, anak-anak di Badung betul-betul memiliki skill dan bekerja di luar negeri mendapatkan penghasilan maksimal dan kembali menjadi pengusaha atau interprenuer di Badung,” harap Putu Parwata. 

Baca Juga :  Rapat Paripurna Masa Persidangan Ketiga DPRD Badung, Putu Parwata Sebut Rancangan APBD Badung Sangat Fantastis

Ditambahkan, Pemerintah juga akan memberikan perhatian khusus, agar mendidik anak-anak menjadi tenaga yang terampil dan memiliki daya saing internasional. 

Kepala Kordinator Manajemen LPK CIS Internasional, Ni Puti Asteria Yuniati menjelaskan, kedatangannya ke DPRD Badung bersama para siswa dan staf LPK CIS, yakni bertujuan untuk memberikan edukasi kepada para siswa terkait adanya dukungan secara moril dan materiil dari Ketua DPRD Badung, dalam upaya memberangkatkan calon tenaga migran ke luar negeri. 

“Saya yakin kalau anak-anak kita dorong untuk bisa cari pengalaman, kelak mendapat penghasilan mereka pulang ke Bali bisa membangun daerah Bali, minimal dari segi mainset mereka pasti berubah untuk bisa lebib disiplin, mandiri, dan menjadi figur idola teman sebayanya,” katanya. 

Pihaknya menyampaikan terima kasih atas fasilitas yang diberikan pihak Pemerintah Kabupaten Badung khususnya pada Ketua DPRD Badung sehingga terjalin kerjasama antara CIS dengan BPD Bali. 

Sementara pihaknya telah menerima 24 dokumen resmi ijin kerja di Polandia, dan 12 dokumen ijin kerja untuk di Kota Antalia, Turki. Nantinya para siswa yang siap diberangkatkan di dua negara tersebut, akan ditempatkan pada bidang perhotelan. 

“Kita di penempatan formal hospitality, house keeping, waiter, waitress, kitchen, jadi spa terapis kita belum menerima,” imbuhnya. (kbh1) 

Related Posts