October 14, 2024
Daerah

Simakrama Bersama Pengempon Pura Lawangan, Wayan Suyasa Siap Bantu Pembangunan Tempat Parkir Pura

Badung -Kabarbalihits

Senantiasa hadir membantu masyarakat kembali diwujudkan Wakil Ketua DPRD Badung, I Wayan Suyasa. Sabtu (25/2) politisi inovatif asal Penarungan ini magendu wirasa atau menyerap aspirasi Krama Pengempon Pura Lawangan Banjar Mumbul Desa Adat Bualu Kelurahan Benoa Kuta Selatan. Selain menyerahkan bantuan Rp 7, 5 Juta dengan rincian Rp 5 juta untuk krama istri dan Rp 2,5 juta untuk Jro Mangku di Pura tersebut, Ketua DPD Partai Golkar Badung ini juga menyatakan kesiapan membantu pembangunan tempat parkir melalui dana hibah tahun 2024 untuk pura yang diempon 90 KK ini.

Selain itu bantuan berupa 100 set kamen untuk krama istri, serta pengadaan seragam Sekaa Gong pura diserahkan tokoh masyarakat I Wayan Sukses. Sebelum pelaksanaan simakrama,Wakil Ketua DPRD Badung I Wayan Suyasa yang didampingi Ketua Fraksi Golkar DPRD Bali, Wayan Rawan Atmaja berkesempatan melaksanakan persembahyangan bersama krama.

Mengawali sambutannya dihadapan krama lanang istri dan yowana yang hadir Wakil Ketua DPRD Badung, I Wayan Suyasa menyampaikan terima kasih telah diberikan kesempatan untuk magendu wirasa menyerap aspirasi masyarakat khususnya Pengempon Pura Lawangan.

“Matur suksma pisan majeng Jro Mangku naler sampun nyarengin ngrastiti, dumogi iraga sareng sami ngamolihang kerahayuan labda karya sidaning don,”ucapnya.

Sebagai bagian Pemerintah Kabupaten Badung khususnya di legislatif Wayan Suyasa mengapresiasi berbagai kegiatan masyarakat yang sudah dilaksanakan khusunya dresta adat dan budaya menjadi modal dasar pariwisata Bali maupun Badung yakni pariwisata budaya.

“Artinya masyarakat sudah melaksanakan apa yang menjadi kebijakan pemerintah dalam pelaksanaan swadarma dan swagina dalam dresta adat meliputi parahyangan, pawongan dan palemahan,”ungkapnya.

Pendapatan asli daerah Kabupaten Badung lanjut Wayan Suyasa mengandalkan dari sektor pariwisata yang mencapai 85 -87 persen. Dan, salah kawasan wisata utama di Badung adalah Nusa Dua. “Jika tidak ada pariwisata belum tentu Badung bisa seperti sekarang ini. Meski kita ketahui bersama pariwisata sempat terpuruk akibat Pandemi Covid-19. Namun, Pariwisata juga sudah mulai bangkit karena krama atau masyarakat yang melaksanakan astiti bakti, tulus ihklas majeng Ida Sanghyang Widhi Wasa,”terangnya.

Terhadap aspirasi krama pengempon Pura Lawangan yang ingin memanfaatkan pelaba pura untuk lahan parkir. WS begitu Wayan Suyasa populer disapa menyatakan kesiapannya untuk membantu melalui dana hibah tahun 2024. “Karena ini dana masyarakat yang dikelola pemerintah tentu harus berdasarkan administrasi, jadi kami mohon prajuru pura untuk segera membuat proposal, kami siap mengawal dan memperjuangkannya,”tegasnya.

Baca Juga :  BSSN RI Lakukan Asesmen Cyber Security Maturity pada USDI Universitas Udayana

Sementara mewakili Krama Pengempon Pura Lawangan, Wayan Muka menyampaikan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan Wakil Ketua DPRD Badung Wayan Suyasa. Secara spontan Wayan Muka juga mendoakan apapun langkah politik Wayan Suyasa bersama Wayan Rawan Atmaja dan Wayan Sukses dapat diraih sesuai harapan dan mendapatkan restu Ida Sanghyang Widhi Wasa.

“Semoga bapak Wayan bertiga ini (Wayan Suyasa, Wayan Rawan Atmaja dan Wayan Sukses) ngemolihang napi sane kaapti. Pak Suyasa dumogi jayanti dados Bupati Badung di 2024, Pak Rawan malih melinggih dados anggota Dewan ring provinsi, asapunika naler Pak Sukses ngemolihang dados Anggota Dewan ring Kabupaten Badung,”harapnya. (Kbh6)

Related Posts