October 14, 2024
Pendidikan

Mendukung Program Ketahanan Pangan, Mahasiswa KKN- PPM Warmadewa Laksanakan Pembaharuan Tanaman Pangan di Kelurahan Sumerta

Denpasar-kabarbalihits

Kuliah Kerja Nyata – Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) merupakan proses pengabdian kepada masyarakat melalui pembelajaran dan pemberdayaan oleh Mahasiswa Universitas Warmadewa. Kelurahan Sumerta, Denpasar Timur merupakan salah satu tempat dilaksanakan KKN-PPM Universitas Warmadewa tahun 2023.

Ketahanan Pangan merupakan salah satu program yang sedang digiatkan oleh pemerintah. Hal ini karena lahan pangan di Indonesia sudah mulai sedikit terutama di Bali yang sebagian besar lahan pangan sudah beralih fungsi menjadi gedung.

Mengangkat tema ‘Optimasi Potensi Desa Melalui Pemberdayaan Masyarakat Guna Meningkatkan Ketahanan Pangan Desa’ KKN-PPM Unwar kelompok 76 dengan 7 agenda kegiatan pokok guna membantu sebagai penyalur aspirasi masyarakat dan menemukan solusi dari permasalahan ketahanan pangan pasca pandemi Covid-19 kemarin.

Menurut Kepala Kelurahan Sumerta Bapak I Wayan Eka Apriana, SST.Par, “Kelurahan Sumerta sudah mengembangkan program ketahanan pangan mulai dari lingkup rumah tangga. Saat ini Kelurahan Sumerta tengah mempersiapkan aplikasi khusus untuk memantau perkembangan tanaman pangan di rumah warga. Aplikasi ini dirancang untuk mengamati tanaman pangan sekaligus menjadi wadah bagi warga untuk saling sharing tentang tanaman pangan. Nantinya aplikasi ini akan dapat digunakan untuk transaksi jual beli online antar warga”, jelasnya.

Selain, upaya penguatan Ketahanan Pangan dari lingkup rumah tangga, Kelurahan Sumerta saat ini sudah mengembangkan 2 kebun yang dikhususkan untuk tanaman pangan. Sebagai upaya mendukung program Ketahanan Pangan Kelurahan Sumerta, tim mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Warmadewa melakukan pembaruan tanaman pangan di 2 kebun yang berada di wilayah Kelurahan Sumerta.

Serangkaian program pembaruan tanaman pangan ini diinisiasi oleh 29 mahasiswa Unwar yang tergabung dalam Kelompok 76 yang melakukan KKN di Kelurahan Sumerta, Denpasar Timur, sejak 1 Februari 2023 hingga 2 Maret 2023. Melalui pelaksanaan pembaruan tanaman pangan ini, diharapkan dapat meregenerasi tanaman pangan yang sebelumnya sudah rusak atau mati.

Baca Juga :  FH Unwar Gelar Kuliah Umum Internasional “Asian African Countries Development of International Law Through the Work of Asian African Legal Consulative Organization”

Komoditas sayuran terpilih untuk ditanami adalah terong dan tomat, dikarenakan dua sayuran ini dinilai memiliki potensi perkembangan yang baik. Selanjutnya untuk bahan bumbu makanan kami memilih cabai dan lengkuas. Dikarenakan mayoritas masyarakat Kelurahan Sumerta memeluk agama hindu, penanaman bunga gumitir menjadi opsi untuk nantinya dimanfaatkan sebagai sarana persembahyangan. Kegiatan penanaman bibit tanaman pangan yang dilakukan KKN-PPM Universitas Warmadewa ini dilaksanakan bersama dengan masyarakat Kelurahan Sumerta, KKN-PPM Universitas Warmadewa, dosen pembimbing serta Lurah Kelurahan Sumerta yang ikut mendampingi dan melakukan kegiatan mulai dari pembersihan lahan, penggemburan media tanam, penyerahan bibit serta penanaman bibit di lahan kebun .

“Kami berharap KKN-PPM Universitas Warmadewa yang singkat ini memberi makna selamanya” ungkap Gede Dius Waisnawa Cahyadi selaku Koordinator Dewa.

Oleh karena itu dengan adanya KKN-PPM Universitas Warmadewa ini diharapkan masyarakat Kelurahan Sumerta memiliki media aspirasi langsung dan menemukan solusi mengenai permasalahan yang ada di bidang pendidikan, kesehatan dan ekonomi.(r)

Related Posts