October 26, 2024
Pendidikan

Pengabdian kepada Masyarakat Dosen FEB Unwar di Desa Gelgel, Turut Diikuti Ribuan Mahasiswa

Klungkung-kabarbalihits

Lembaga Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas warmadewa (Unwar) kembali melaksanakan Bakti Sosial Mahasiswa bertempat di Desa Gelgel, Kecamatan klungkung, Kabupaten Klungkung, minggu (12/2). Kegiatan dalam rangkaian Pengabdian kepada Masyarakat kali ini mengambil tema “Satukan Langkah Kecil Dalam Bakti Sosial Mahasiswa Demi Desa Yang Sejahtera, Bersih dan Unggul”.

Dekan FEB Unwar Dr. I Made Sara, SE., MP mengatakan, bakti sosial kali ini merupakan rangkaian kegiatan penerimaan mahasiswa baru yang rutin digelar setiap tahun sehingga untuk selanjutnya mahasiswa baru ini sudah bisa melanjutkan perkuliahan dikampus. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan kepada mahasiswa baru terkait lingkungan desa dan masyarakat desa.

“Kami berharap mereka bisa lebih memahami setelah mereka nantinya menjadi sarjana dan menyelesaikan studinya maka mereka akan kembali ke desa, yang tidak lain adalah tanggung jawab mereka sendiri,” ujar Sara.

Dekan menambahkan, dalam kesempatan tersebut tidak hanya mahasiswa yang melakukan kegiatan serupa, namun juga bergabung dengan semua unsur masyarakat seperti pemuda, PKK serta unsur banjar.

“Sehingga pola-pola penyadaran masyarakat bahwa kebersihan dilingkungannya sendiri adalah tanggung jawab dari masyarakat akan terjadi, sekaligus mengingatkan kembali kepada masyarakat bahwa kegiatan serupa bisa dilakukan secara rutin,” imbuhnya.

Tidak hanya melibatkan mahasiswa, namun dosen juga diikutsertakan melalui pengabdian masyarakat dosen. yakni menyasar UMKM yang ada di desa dan kecamatan di klungkung.

“Ini adalah momentum yang bisa kami manfaatkan tanpa berfikir darimana sumber dananya. Sehingga kami juga berharap UMKM tersebut siap untuk kami dampingi karena kami banyak memiliki pakar-pakar seperti pakar pemasaran, Produksi, bahkan ide ide bisnis yang kreatif bisa dikembangkan melalui pengabdian masyarakat kali ini,” jelasnya.

Camat klungkung, I Putu Artawan, S.Stp berharap bakti sosial mahasiswa FEB Unwar ini bermanfaat dan mampu mengajak masyarakat setempat dalam hal pelestarian lingkungan dan kebersihan sehingga kedepannya bisa lebih indah, asri dan tentunya bersih.

“Atas nama pemerintah kami mengucapkan terimakasih kepada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unwar atas dipilihnya wilayah kami sebagai tempat pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat melalui bakti sosial para mahasiswa baru,” ucapnya.

Hal senada dikatakan Perbekel Desa Gelgel, I Wayan Sugiantara. Dirinya memberi apresiasi yang setinggi-tingginya kepada mahasiswa dan dosen FEB Unwar karena lewat baksos ini akan memberi dampak yang positif.

Baca Juga :  Fakultas Peternakan Unud Terima Kunjungan Walikota Payakumbuh Sumatera Barat

“Apalagi baru pertama kali baksos dilakukan dengan jumlah peserta terbanyak, yakni hampir seribu tiga ratus orang dari mahasiswa FEB Unwar. Sehingga kedepannya bisa menjadi tauladan bagi masyarakat kami dan desa kami bisa menjadi desa yang bersih dan sehat,” pungkasnya.

Selain pemukulan gong, pembukaan Baksos kali ini juga dirangkai dengan penyerahan unit tong sampah dan bibit pohon secara simbolis oleh dekan kepada Camat Klungkung dan Perbekel Desa Gelgel sekaligus melaksanakan penanaman pohon secara bersama-sama. (kbh2)

Related Posts