October 27, 2024
Daerah

Gemapatas Diapresiasi Bupati Giri Prasta, Kantah Badung Kini Banjir Prestasi

Badung-kabarbalihits

Gerakan Masyarakat Pemasangan Tanda Batas (Gemapatas) dilaksanakan secara serentak di Indonesia yakni dengan satu juta patok batas bidang tanah untuk Indonesia. Sementara, Kantor Pertanahan (Kantah) Kabupaten Badung melaksanakannya di Banjar Belang, Desa Sembung, Mengwi yang dirangkaikan dengan penyerahan Sertipikat Laba Pura dan Tanah Pekarangan Desa (PKD) secara simbolis oleh Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta yang didampingi langsung oleh Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Badung, Heryanto.

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Badung, Heryanto mengatakan, Gerakan Masyarakat Pemasangan Tanda Batas ini tidak terbatas dilakukan di Desa Sembung saja. Dikatakan, kegiatan serupa akan dilakukan di daerah lain seperti di daerah yang masyarakatnya mengajukan permohonan peralihan hak paling banyak.

“Sekarang yang paling banyak masyarakatnya mengajukan permohonan menurut pemeliharaan data di Kantor Pertanahan Kabupaten Badung adalah Kuta Utara. Dulu di Jimbaran pak, sekarang beralih ke Kuta Utara,” ucap Heryanto dihadapan Bupati Badung, Kapolres Badung dan undangan lainnya, jumat (3/3).

Heryanto menyatakan lebih rinci jumlah pemohon terbanyak ada di Desa Canggu. Sehingga menurutnya jika adanya pencanangan Badung sebagai kabupaten lengkap, maka Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Badung dalam waktu 6 (enam) bulan sudah rampung.

“Pada tahun 2023 ini Kabupaten Badung akan ditunjuk sebagai kabupaten lengkap pertama di Indonesia. Sehingga bulan enam (juni 2023) nanti benar-benar lengkap RDTR nya seperti apa yang dikatakan pak mentri,” imbuhnya.

Untuk itu dirinya meminta masyarakat Badung untuk mengunduh aplikasi Informasi Pertanahan Terpadu Kantah Badung atau “Instant” yang didalamnya terdapat program Tridatu, karena semua RDTR tertuang dalam aplikasi tersebut.

Dalam kesempatan tersebut Heryanto juga mengungkapkan bahwa Kementerian ATR/ BPN telah memberikan predikat pelayanan terbaik kepada Kantah Badung.

Baca Juga :  Bupati Sanjaya Membuka Lomba Mixologi Arak Bali di TASTA

Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta memberikan dukungan penuh terhadap program kementerian ATR/ BPN lewat Gemapatas ini. “Dua jempol buat kementrian ATR/ BPN. Sangat luar biasa, karena ini adalah rangkaian proses Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap atau PTSL yang sudah dilakukan di wilayah kabupaten Badung,” ujarnya.

Menurut Bupati Giri, jika gerakan tersebut dilakukan sepenuhnya maka siapapun akan mengetahui aset dan batasnya, baik milik Pemda maupun perorangan. Selain itu akan meminimalisir permasalahan yang terjadi di masyarakat dan yang lebih penting adalah memudahkan kantor pertanahan untuk melakukan pendataan dan pengukuran peta tanah.

“Kalau memang pantas dan layak Kabupaten Badung dijadikan kabupaten lengkap, kami sangat berterima kasih dan kami akan selalu melakukan penataan dan validasi lebih mantap lagi. Hal tersebut menjadi cara kami melakukan penghormatan kepada Negara terkait apa yang dihasilkan masyarakat kami di Badung dan fasilitasi yang diberikan oleh Kantah Badung yang tidak henti-hentinya memberikan pelayanan kepada kita,” pungkasnya.(kbh2)

Related Posts