October 14, 2024
Daerah

HUT Ke -11 Sekaa Santi Adi Sunari, Konsisten Pelestarian Adat Seni dan Budaya Bali

Badung -Kabarbalihits

Puncak HUT Ke 11 Sekaa Santi Adi Sunari dilaksanakan secara sederhana dengan pemotongan tumpeng di Balai Banjar Pande Pemaron Desa Adat Pande Munggu malam 8 Januari 2023. Dengan tema “Melarapan Antuk Wanti Warsa Santi Adi Sunari Kaping 11 Ngiring Ajegang Adat Seni lan Budaya Baline”. Puncak hari ulang tahun juga diisi berbagai pentas kesenian mulai kidung hingga berbagai tarian yang dibawakan oleh anggota paguyuban tersebut.
Turut hadir Perbekel Munggu sekaligus Pembina Sekaa Santi Adi Sunari, Ketut Darta, Bendesa Adat Munggu dan Bendesa Pande Munggu, Made Rai Sujana dan Made Suartika serta tokoh dan masyarakat di Desa Munggu.

Ketua Sekaa Santi Adi Sunari Made Murjana menyampaikan Sekaa Santi Adi Sunari terdiri dari 75 anggota yang terseber di Kabupaten Badung dan Tabanan dengan sekretariat berada di wilayah Desa Munggu. “Terima kasih kepada Pak Perbekel Munggu sudah memberikan tempat sekretariat Sekaa Santi Adi Sunari, sekaligus beliau kami tempatkan sebagai pembina dan penanggung jawab kegiatan Adi Sunari,” ucapnya. Made Murjana juga mengatakan adapun kegiatan Sekaa Santi Adi Sunari meliputi adat seni dan budaya salah satunya belajar pesantian Sekar alit, sekar madya dan sekar agung serta melakukan pelajaran tabuh geguntangan. “Hal ini kami haturkan atau kami pentaskan dalam berbagai kegiatan upakara keagamaan di wilayah Desa Munggu. Inilah kontribusi atau kami ikut ngayah dalam melestarikan adat seni dan budaya,”paparnya.

Selaku pengurus Adi Sunari, Made Murjana sekaligus mengucapkan terima kasih kepada jajaran desa adat yang ada di Munggu, mengingat Desa Munggu terdiri dari tiga desa adat yakni, Desa Adat Munggu, Desa Adat Pande serta Desa Adat Kerta Bhujangga. “Melalui paguyuban kami bisa berkumpul dan melaksanakan kegiatan,”tegasnya.

Baca Juga :  Golkar Badung Lanjutkan Road Show Konsolidasi di Kecamatan Kuta, Kader Totalitas Dukung Suyasa Rebut Badung 1

Kedepan Murjana berharap anggota Sekaa Santi Adi Sunari yang merupakan pengguna radio amatir di call sign 14.4320 Mz semakin guyub dan semakin bersatu sejalan dengan semboyannya yakni Jaya di Udara dapat dilaksanakan.Perbekel Munggu Ketut Darta selain menyampaikan selamat hari ulang tahun ke 11 kepada Sekaa Santi Adi Sunari menyatakan banyak hal yang diperoleh pihaknya dari paguyuban ini dalam memotivasi masyarakat.

“Angotanya 60 persen berasal dari Desa Munggu. Yang berkecimpung di paguyuban ini banyak tokoh -tokoh seni yang bersal dari Kabupaten Badung dan beberapa kabupaten lainnya. Hal ini yang sangat membanggakan kami,”ungkapnya.

Sebagai Pembina dan pennggung jawab di Sekaa Santi Adi Sunari, Ketut Darta berharap berbagai kegaitan adat seni dan budaya di Adi Sunari dapat terus berlanjut.”masyarakat juga dapat melihat dan mencontoh hal – hal apa saja yang sidah dilaksanakan Adi Sunari dalam pelestarian adat seni dan budaya Bali.,”bebernya.

Diakui Ketut Darta anggota Adi Sunari sudah banyak berkiprah membantu atau ngayah dalam pelaksanaan kegiatan keagamaan di wilayah Desa Munggu. Lantas secara tegas selaku pemerintahan Desa Munggu Ketut Darta menyatakan kesiapannya untuk secara totalitas mensupport berbagai kegiatan Sekaa Santi Adi Sunari. Sementara Bendesa Adat Munggu, Made Rai Sujana sangat mengapresiasi kegiatan Sekaa Santi Adi Sunari di Desa Munggu, karena perkumpulan tokoh -tokoh seni ini telah banyak membantu khususnya dalam kegiatan panca yadnya utama pujawali di Kahyangan Tiga yang ada di Desa Adat Munggu. “Sekali lagi kami sampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Sekaa Santi Adi Sunari atas kegiatannya selama ini,”ujarnya. Hal senada disampaikan Bendesa Adat Pande Munggu, Made Suartika yang berharap paguyuban ini semakin ajeg kedepannya.

Baca Juga :  Manfaatkan Lahan Urban Farming Sebagai Solusi Ketahanan Pangan Keluarga, TP. PKK Kabupaten Badung Orientasi Lapangan ke DKI Jakarta

“Kami jiga memohon maaf atas keterbatasan kami di Banjar Pande Pemaron tempat dilangsungkannya HUT ke 11 Santi Adi Sunari,” ucapnya.
Semantara selain pemotongan tumpeng, puncak HUT Ke 11 Sekaa Santi Adi Sunari juga dimeriahkan dengan berbagai pementasan seni diantaranya Pesantian hingga berbagai tarian yang dibawakan oleh anggota paguyuban tersebut. Hal ini menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat yang hadir memenuhi Balai Banjar Pande Pemaron Desa Adat Pande Munggu. (Kbh6)

Related Posts