October 14, 2024
Daerah

Pemprov Bali Beri Bantuan Alat Produksi Kepada UMKM

Denpasar – kabarbalihits

Mendorong kemajuan UMKM sekaligus menanggulangi dampak inflasi, Pemerintah Provinsi Bali melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah memberi bantuan alat produksi bagi pelaku UMKM kuliner di Desa Padangsambian Kelod, Denpasar. Penyerahan alat produksi dilakukan Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Bali, Dr. I Wayan Ekadina, S.E., M.Si. pada Sabtu (17/12/2022) di Kantor Perbekel Padangsambian Kelod.

Bantuan alat produksi diberikan kepada 34 pelaku UMKM di Desa Padangsambian Kelod yang sebelumnya telah mendapat diklat teknis keterampilan kuliner pada 1 hingga 5 Agustus 2022. Masing-masing pelaku UMKM tersebut mendapat 3 alat produksi berupa 1 buah oven, 1 buah mixer, dan 1 buah steamer.

Kepala Dinas  Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Bali, Dr. I Wayan Ekadina, S.E., M.Si.mengatakan kegiatan ini merupakan rangkaian dari pelatihan kuliner “Kerthi Boga Santhi” yang dilaksanakan di sejumlah kabupaten/ kota di Bali. Para peserta tidak hanya diberikan ilmu dan keterampilan melalui pelatihan, namun langsung dibantu alat produksi untuk menghasilkan produk berkualitas. Menurut Wayan Ekadina, program ini merupakan salah satu program prioritas Pemerintah Provinsi Bali terkait pembinaan UMKM, sekaligus mengatasi dampak inflasi. 

“Kita tidak hanya melakukan pelatihan, tapi kita siapkan alat. Alat ini dari Bapak Gubernur untuk mencapai produk yang berkualitas. Menghasilkan produk tanpa hambatan, sehingga mampu bersaing secara nasional maupun di derah sendiri. Untuk itulah, beliau mengambil partisipasi memberikan alat untuk menjadikan alat produksi meningkatkan kesejahteraan keluarganya,” jelas Wayan Ekadina.

Perbekel Padangsambian Kelod, I Gede Wijaya Saputra, S.H. mengungkapkan apresiasi dan rasa terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Bali atas pelatihan sekaligus bantuan alat produksi yang diberikan kepada UMKM di Desa Padangsambian Kelod. Program tersebut merupakan bukti besarnya perhatian Pemerintah Provinsi Bali terhadap UMKM.

“Saya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bapak Gubernur Bali, Bapak I Wayan Koster bersama Pemerintah Provinsi Bali dan Dinas Koperasi UKM Provinsi Bali atas bantuan yang diberikan kepada kami. Yang pertama yaitu pelatihan yang telah dilaksanakan pada tanggal 1 hingga 5 Agustus 2022, dan sebagai tindak lanjutnya Dinas Koperasi UKM Provinsi Bali memberi bantuan alat kepada peserta UMKM kami sebanyak 34 orang di Desa Padangsambian Kelod,” ungkap Gede Wijaya.

Apresiasi dan  terima kasih juga diungkapkan para penerima bantuan alat produksi di Desa Padangsambian Kelod.  Salah satu pemerima bantuan, Putu Krisna Hermawan mengatakan pelatihan dan alat produksi yang diterimanya akan dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan ekonomi keluarga, sekaligus perekonomian Desa Padangsambian Kelod.

 “Terimakasih atas bantuan dari Bapak Gubernur Bali, Bapak Wayan Koster atas bantuan untuk kami, UMKM yang ada di Desa Padangasambian Kelod. Semoga bantuan ini bisa kami gunakan dengan baik, agar bisa menunjang ekonomi yang ada di Desa Padangsambian Kelod,” ungkap Putu Krisna.

Baca Juga :  Temu Wirasa BPR Kanti - MDA Bali, Komitmen Perkuat Perokonomian Bali

Demikian juga diungkapkan penerima bantuan, Luh Astaseni  yang akan memanfaatkan alat produksi untuk menunjang perekonomian keluarganya. “Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur I Wayan Koster dan juga Dinas Koperasi UKM atas bantuannya berupa alat-alat kuliner yang nantinya bis akami gunakan untuk menunjang ekonomi keluarga kami,” ungkap Luh Astaseni. (kbh7)

Related Posts