October 14, 2024
Daerah Ekonomi

Kembali Digelar, Denfest ke-15 Libatkan 161 UMKM dan Ribuan Seniman

Denpasar-kabarbalihits

Setelah hampir 2,5 tahun pandemi Covid-19 mewabah, pelaksanaan Denpasar Festival (Denfest) kembali digelar sepanjang Jalan Gajah Mada, pada 21-25 Desember 2022 mendatang. 

Digelarnya Denfest ke-15 yang bisa disaksikan langsung oleh masyarakat umum ini merujuk pada suksesnya kegiatan ajang Internasional di Bali, juga seringnya dilaksanakan acara konser, disertai dengan vaksinasi yang telah maksimal. 

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara saat acara konferensi pers di Inna Bali Heritage Denpasar (19/12/2022). 

Denfest ke-15 yang mengusung tema Tejarasmi diartikan Cahaya Keindahan ini akan melibatkan 1049 Seniman, 622 Musisi dan terdapat 161 UMKM unggulan. 

“Kenapa mengambil tema Tejarasmi Cahaya Keindahan, karena kita ingin membawanya melalui Denfest ini bahwa setelah pandemi Covid-19 kembali menata kedepan, menggerakkan UMKM, Seniman, dan para fashion,” ucap Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara didampingi Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, bersama Sekda Kota Denpasar, IB Alit Wiradana, Forkopimda Kota Denpasar, serta Pimpinan OPD di lingkungan Pemkot Denpasar. 

Dinilai animo masyarakat Denpasar sangat tinggi yang ingin terlibat pada Denfest ke 15, khususnya pada peserta UMKM. Disebut hingga 700 lebih yang mendaftar pada slot UMKM, namun setelah diseleksi hanya 161 UMKM dipastikan bisa mengikuti ajang festival kreatif ini. 

Diharapkan kehadiran Denfest ini menjadi motivasi baru lagi setelah terpuruk dari pandemi Covid-19. 

Walikota Jaya Negara mendorong agar pelaksanaan Denpasar Festival ke-15 tahun 2022 senantiasa mendukung kegiatan pelaku ekonomi kreatif Kota Denpasar yang lebih luas dengan menyediakan ruang-ruang ekspresi, kolaborasi, dan promosi. 

Ajang ini akan terlaksana secara terpusat dengan berbagai agenda kreatif dan tersaji melalui zonasi yang tersebar di kawasan Heritage Gajah Mada. Titik zonasi yang digunakan dalam pertunjukan tersebut diantaranya, Catur Muka, Wantilan Inna Heritage Bali Hotel, Panggung Gajah Mada, Pelataran Pasar Badung dan Lapangan Puputan Badung. 

Denfest yang dilakukan selama 5 hari ini akan diisi dengan beragam acara seperti pementasan seni klasik hingga kontemporer, pemanggungan musik dari berbagai genre, gelaran fashion, teater, podcast talk show, indie movie, street carnival, workshop, kuliner khas dan unggulan, dan lainnya. 

Nantinya pengalihan arus lintas dimulai dari tanggal 17 Desember-26 Desember 2022 karena beberapa titik ruas jalan akan ditutup, yakni di Jalan Gajah Mada ditutup dari simpang Jalan Sulawesi hingga Jalan Kartini. Kemudian Jalan Arjuna ditutup dari simpang Jalan Karna. Jalan Veteran ditutup dari Simpang Catur Muka. 

Baca Juga :  Tim Yustisi Kota Denpasar Jaring 32 Orang Pelanggar Prokes di Desa Pemecutan Kelod

Kadis Pariwisata Kota Denpasar, MA Dezire Mulyani menambahkan, dengan digelarnya Denpasar Festival ke-15 ini diharapkan jumlah kunjungan wisdom maupun wisman bisa meningkat. Sebab pihaknya telah bekerjasama dengan Badan Promosi Pariwisata untuk menggemakan kegiatan Denfest ke luar negeri meski dilakukan secara online. 

“Dengan adanya Denfest ini kami akan lakukan semacam paket tour baik itu kunjungan ke Denfest dan ke Hotel, waktunya juga panjang kita bisa paketkan dengan Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia, Asita,” imbuhnya. (kbh1)

Related Posts