October 27, 2024
Daerah Ekonomi

Kontrol Inflasi Jelang Nataru, Satgas Pangan Kota Denpasar Pantau Pasar Badung

Denpasar-kabarbalihits

Upaya mengantisipasi lonjakan harga Sembako dan mengendalikan inflasi menjelang perayaan Nataru (Natal dan Tahun Baru), Satuan Tugas (Satgas) Pangan Kota Denpasar mengecek langsung harga kebutuhan pokok di Pasar Badung, pada Kamis siang (15/12/2022).

Kapolresta Denpasar Kombes Pol. Bambang Yugo Pamungkas mengatakan, sesuai dengan instruksi dari Mendagri, Satgas Pangan memastikan dengan mengecek secara langsung ketersediaan stok dan pasokan pangan, serta menjaga kestabilan harga sembako untuk mengontrol inflasi di Kota Denpasar khususnya.

“Sistemnya sudah berjalan kontrol inflasi terhadap kebutuhan-kebutuhan pokok sesuai dengan unit usaha sewaka jaya. Kita mengecek bersama-sama, bisa menekan inflasi sehingga persiapan Nataru nanti bisa berjalan semuanya. Masyarakat bisa menikmati kebutuhan-kebutuhan terkait Nataru,” kata Kapolresta Denpasar Kombes Pol. Bambang Yugo Pamungkas bersama Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara, Kepala Kejaksaan (Kajari) Denpasar Rudy Hartono, serta Dandim 1611/ Badung, Kolonel Inf Dody Triyo Hadi.

Sementara Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara menyampaikan, selama ini Kota Denpasar telah memiliki unit usaha Sewaka jaya yang akan membantu dan mensuplai kebutuhan-kebutuhan yang diinginkan masyarakat, apabila terjadi lonjakan harga kebutuhan pokok. Kebutuhan pokok yang mendasar terhadap penunjang inflasi yakni berupa Beras, Minyak, Cabai, Bawang Merah, dan lainnya.

“itulah yang mampu menghindari laju kenaikan hargakebutuhan pokok tersebut. Untuk itulah pada kesempata baik ini, karena mau di akhir tahun juga instruksi dari Mendagri dan Kapolri bagaimana kita benar-benar menjaga jangan sampai terjadi lonjakan pada kebutuhan pokok dan kebutuhan masyarakat di akhir tahun ini,” jelas Walikota Jaya Negara.

Sehingga dengan harga kebutuhan pokok yang stabil, nantinya masyarakat tidak terbebani pada perayaan Natal dan Tahun Baru.

Baca Juga :  Kendalikan Inflasi, Manajemen Rantai Pasok Terus Diperkuat

Dari data yang diterima Walikota Jaya Negara, Sebelumnya di Denpasar terjadi kenaikan inflasi hanya 0,11 %,  yang dipandang masih dibatas toleransi. Sehingga melalui unit usaha Sewaka Jaya, harga kebutuhan pokok akan dipantau secara terus menerus.

“harga daging sampai saat ini masih stabil, kalau harga telur naik secara nasional,” ujarnya.

Terkait adanya kenaikan harga telur Ayam, saat ini pihaknya telah melakukan penjajakan dengan Kabupaten Bangli terkait suplai telur. Namun dengan banyaknya penjual telur Ayam bermobil di pinggir jalan, dinilai secara tidak langsung juga ikut mengintervensi harga telur.

Untuk diketahui pertanggal 13 Desember 2022, harga kebutuhan bahan pokok seperti bawang merah Rp.22.500,-/Kg, bawang putih Rp.20.000,- beras kisaran harga Rp.11.500-11.800,- kemudian cabai besar Rp. 18.000, Cabai Keriting Rp. 25.000, Cabai Rawit besar Rp. 25.000, Daging Ayam Rp.35.000, daging sapi Rp. 120.000, Gula pasir lokal Rp. 14.000, Gula pasir Premiun Rp. 15.000, Minyak goreng kemasan Rp. 22.000 perliter dan telur ayam Rp. 23.500/ kg. (kbh1)

Related Posts