October 26, 2024
Seni Budaya

Konsisten Bantu Masyarakat Laksanakan Yadnya, Anggota Dewan Badung Nyoman Karyana Gelar Memukur Massal Dengan Dana Swadaya

Badung – Kabarbalihits

Sungguh mulia dan patut ditiru apa yang sudah dilakukan I Nyoman Karyana bersama keluarganya dalam membantu masyarakat untuk menunaikan kewajiban kepada leluhur. Untuk ke empat kalinya tokoh masyarakat yang juga Anggota Fraksi Partai Golkar Badung ini memfasilitasi masyarakat untuk melaksanakan Upacara Pitra Yadnya memukur dengan menggunakan dana swadaya. Bahkan tak tanggung -tanggung sebanyak 62 puspa atau sekah diupakarai dalam Karya Memukur Atma Wedana Nyatur Rebah Warga Dewahyang Budha Cemeng Ukir yang dilaksanakan Kediamannya di Desa Adat Bualu Kelurahan Benoa Kuta Selatan.

Ditemui disela pelaksanaan Puncak Karya Memukur Atma Wedana Nyatur Rebah Warga Dewahyang Budha Cemeng Ukir Kamis pagi 17 November 2022, I Nyoman Karyana menyampaikan pelaksanaan Karya Memukur Atma Wedana Nyatur Rebah Warga Dewahyang Budha Cemeng Ukir sudah dilaksanakan untuk ke empat kalinya. Disamping untuk melaksanakan kewajiban selaku keluarga dan tokoh, pelaksanaan karya ini menurut Nyoman Karyana bertujuan untuk meringankan beban masyarakat melaksanakan kegiatan keagamaan dengan cara bersama -sama.”Pada prinsipnya kami sekeluraga bersama Warga Dewahyang Budha Cemeng Ukir untuk membantu semeton yang kurang mampu secara jumlah keluarga maupun finasial. Jadi dengan adanya karya yang dilaksanakan secara bersama -sama, keluarga yang tidak memiliki banyak saudara dalam keluarganya akan terbantu dengan adanya gotong royong atau massal dalam melaksanakan karya Atma Wedana ini,” ungkapnya.

Nyoman Karyana yang juga Anggota DPRD Badung Fraksi Partai Golkar ini mengatakan pihaknya membantu warga dengan mengajak warga atau masyarakat untuk melaksanakan karya Atma Wedana ini dengan memfasilitasi biaya yang ia lakukan secara swadaya dengan tidak mengajukan bantuan kepada pemerintah. “Sehingga upacara ini dapat dilakukan secara tulus ihklas tidak lagi menjadi beban bagi warga yang secara finansial kurang mampu. Kami saling bantu untuk melaksanakan karya ini,” paparnya. Dalam Karya Atma Wedana ini seka Puspa yang menjadi peserta kata Nyoman Karyana diajak untuk melaksanakan segala sesuatu dalam karya ini secara tulus ihklas begitu dalam pembiayaannya warga atau peserta diperkenanankan untuk ngaturang punia seiklasnya. Pihakyha memback up penuh biaya dalam karya ini. “Jadi tidak ada standar biaya yang harus dikeluarkan oleh masyarkat atau keluarga dari pemilik puspa. pelaksanaan karya ini,”tegasnya.

Lantas tokoh yang akrab disapa Pak Koprok ini berharap melalui pelaksanaan Karya Memukur Atma Wedana Nyatur Rebah Warga Dewahyang Budha Cemeng Ukir, masyarakat yang masih mempunyai utang atau kewajiban kepada leluhurnya melalui karya ini dapat dituntaskan. Mengingat Upacara Atma Wedana merupakan salah satu wujud implementasi dari ajaran Tri Rna dalam Agama Hindu yaitu tiga hutang salah satunya kepada leluhur yang dibayar melalui pelaksanaan Pitra Yadnya.

“Kami berharap kepada tokoh yang lain untuk saling bahu membahu membantu masyarkat dalam uapacara yadnya, sehingga masyarakat terbantu,”pungkasnya.

Baca Juga :  Wabup Suiasa Mendem Pedagingan di Pura Desa, Desa Adat Kerta, Petang

Sementara, Prawartaka Karya, I Nyoman Sutika mengatakan Karya Atma Wedana Nyatur Rebah Warga Dewahyang Budha Cemeng Ukir diikuti 62 Puspa. Karya diawali dengan Nuasen karya 31 Oktober 2022. Keluarga pemilik puspa dalam karya ini tidak dipungut biaya karena biaya sudah ditanggung penuh Anggota DPRD Badung I Nyoman karyana beserta keluarga.”Kami mohon doa restu kepada keluarga sami untuk kelancaran karya ini. Semoga para leluhur ini dapat lebih cepat menyatu dengan Tuhan sesuai tujuan kita bersama,” ungkapnya. Terkait dudonan Karya Memukur Atma Wedana Nyatur Rebah Warga Dewahyang Budha Cemeng Ukir, Nyoman Sutika menyampaikan setelah puncak karya yang dilaksanakan 17 Nobember 2022 akan dilanjutkan dengan upacara Nyegara Gunung pada tanggal 20 November 2022 mendatang di Pantai Club Med Nusa Dua. Salah seorang perwakilan seka puspa, I Wayan Uji didampingi Mangku Sutra, menyatakan terima kasih karena sangat terbantu dengan pelaksanaan Atma Wedana Memukur sebagai penuntasan kewajiban kepada leluhur, yang dilaksanakan secara massal dan biayanya dibantu Anggota DPRD Badung, I Nyoman Karyana.

“Kami sebagai Pretisentana dalam seka puspa ini merasa sangat tebantu dan kami mengucapkan terima kasih kepada Pak Nyoman Karyana yang sudah membantu meringankan beban biaya dalam karya ini,”ujarnya.

Sementara pada pelaksanaaan Puncak Karya Memukur Atma Wedana Nyatur Rebah Warga Dewahyang Budha Cemeng Ukir dilaksanakan Ngening ke Pura Toya Beji Ning yang diikuti Peed ratusan Warga kemudian dilanjutkan dengan Mapurwa Daksina dan diakhiri Upacara Ngelokacara. (Kbh6)

Related Posts