October 26, 2024
Politik

Gus Adhi Sosialisasikan Empat Pilar MPR RI Kepada Himpaudi Badung, Ajak Guru Tanamkan Karakter Pancasila Sejak Dini

Badung -Kabarbalihits

Badan Sosialisasi Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) melaksanakan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI kepada 200 orang guru Paud yang tergabung dalam Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kabupaten Badung, bertempat di Hotel 100 Sunset Ballroom, Kuta, Badung, Senin (7/11). Empat Pilar MPR RI yang disosialisasikan kepada anggota Himpaudi Kabupaten Badung yakni, Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD Negara Republik Indonesia sebagai Konstitusi negara serta Ketetapan MPR RI Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai bentuk negara dan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.
Anggota Badan Sosialisasi MPR RI, Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra (Amatra) mengawali paparannya sebagai narasumber menyampaikan, apresiasi kepada guru yang tergabung dalam Himpaudi karena secara tulus iklas melaksanakan pengabdian dengan menjaga dan mendidik anak sejak usia dini sebagai generasi penerus Bangsa Indonesia. Agung Bagus Adhi Mahendra Putra yang akrab disapa Gus Adhi juga mengajak guru paud dalam mengasuh anak – anak senantiasa mengajarkan budi pekerti dan karakter Pancasila sekaligus upaya dalam penyiapan anak -anak untuk melanjutkan ke jenjang sekolah yang lebih tinggi. “Anak -anak yang lahir telah dibekali oleh Tuhan dengan berbagai potensi genetiknya. Tetapi lingkungan lah yang memberikan perhatian lebih untuk banyak menimba ilmu,” terangnya. Lebih lanjut Gus Adhi menyebut sosialisasi kepada guru paud yanh ada di Himpaudi ini merupakan hal yang sangat penting .” Kita ingin mengajak para guru agar menanamkan Pancasila dari usia dini. Yang diawali dengan mengenalkan terlebih dahulu apa itu Empat Pilar Kebangsaan. Kemudian kita ajarkan Logosnya tentang simbol -simbolnya serta Etosnya adalah berprilaku,” paparnya. Gus Adhi yang juga Anggota DPR RI Komisi II dari Fraksi Golkar ini juga meyakini, jika sejak awal dilakukan pendidikan Empat Pilar MPR RI pada anak usia dini pihaknya meyakini tujuan kita bersama yakni mencapi Moral Pancasila di masyarakat dapat tercapai. Sosialisasi Empat Pilar MPR RI kepada guru Paud kata Gus Adhi yang dikenal dengan Spirit Perjuangan Amanah Merakyat Peduli (AMP) serta kita tidak sedarah namun satu arah ini juga sebagai salah satu upaya menangkal paham radikalisme, ekstremisme, maupun kilafah yang sudah menjalar ke berbagai sendi kehidupan termasuk sektor pendidikan. Seperti yang disampaikan salah satu survei dari PPIM UIN tahun 2018, terdapat 63 persen oknum guru yang terindikasi anti Pancasila.
“Ini sebagai satu jawaban. Maka kita harus mengambil simpul – simpul masyarakat, apalagi guru merupakan pencetak generasi penerus bangsa, ini penting bagi kita,”tegasnya. Mengakhiri pemaparannya dihadapan ratusan guru anggota Himpaudi Kabupaten Badung , Gus Adhi menyatakan hal ini: “Jangan pernah berhenti berbuat baik, meskipun perbuatan baik kita itu tidak dihargai, sebab yang kita cari bukan balasan dari sesama namun sebagai kewajiban kepada Tuhan”

Baca Juga :  Guna Rancang Program, Graha Wicaksana: Segera Raker Dengan OPD

Sementara Sosialisasi Empat Pilar MPR RI Selain menghadirkan Gus Adhi sebagai narasumber. Hadir pula beberapa pembicara atau pemateri lain yang merupakan anggota Badan Sosialisasi MPR RI diantaranya, Pimpinan Badan Sosialisasi MPR RI Ir. Alimin Abdullah (Fraksi PAN), Anggota Badan Sosialisasi MPR RI yakni H. Syarief Abdullah Alkadrie (Fraksi NasDem), H.E. Herman Khaeron (Fraksi Demokrat), Hj. Aliyah Mustika (Fraksi Demokrat), Fernando Sinaga (Kelompok DPD), dan Habib Ali Alwi juga dari Kelompok DPD.kbh6.

Related Posts