October 14, 2024
Pendidikan

Unhi “Ngayah Wali” Persembahkan Tarian Pada Pujawali di Pura Payogan Agung Kahyangan Jagat Gunung Lebah Ubud

Gianyar-kabarbalihits

Universitas Hindu Indonesia melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unhi kembali melaksanakan pengabdian dengan konsep Ngayah Wali, kamis (27/10). Kegiatan pengabdian kali ini dengan memberikan persembahan pertunjukan seperti tarian Baris Gede, Rejang Dewa dan Topeng serangkaian karya pujawali di Pura Payogan Agung Kahyangan Jagat Gunung Lebah, Campuhan, Ubud, Gianyar.

Ketua Panitia sekaligus Kepala Divisi Pengabdian LPPM Unhi, Komang Agus Triadi Kiswara mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari transformasi untuk pendidikan agama dalam konsep kesenian. “Jadi Unhi juga senantiasa hadir dalam momen-momen tersebut,” ujarnya.

Di Pura yang terletak pada sentral kawasan pariwisata Ubud ini menurut Agus Triadi merupakan tempat bersejarah bagi Unhi itu sendiri. Mengingat memulai konsep hingga terbentuk sampai sekarang, Unhi terlahir di pura ini.

“Nah secara tidak langsung Ngayah Wali pada kesempatan kali ini adalah momentum yang sangat baik sekali, mungkin kalau kita istilahkan kembali ke kawitan Unhi. Jadi ide pencetusan Unhi itu dibentuk di Pura Campuhan Gunung Lebah ini,” terang Agus.

Ditambahkannya, kesempatan ngayah kali ini juga dimanfaatkan sebagai momentum pengaplikasian ilmu bagi mahasiswa selama di bangku perkuliahan.

Mewakili pengempon sekaligus salah satu tokoh Puri Ubud, Tjokorda Gde Raka Sukawati menyatakan apresiasinya atas kehadiran Unhi untuk turut ngayah dalam konsep pengabdian pada masyarakat.

“Bagus sekali, saya mengaturkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Unhi,” ucapnya.

Baca Juga :  Wabup. Suiasa Lepas Peserta Utsawa Dharma Gita Duta Badung, Ikuti Lomba UDG Provinsi Bali 2023

Selanjutnya tokoh puri yang akrab disapa Cokde ini mengingat kembali keterkaitan Unhi dengan Pura Payogan Agung Kahyangan Jagat Gunung Lebah. Yakni pada tahun 1961 silam terjadi pesamuan yang dilakukan oleh pendahulu sehingga menjadi cikal bakal lahirnya kampus bernafas Hindu yakni Unhi Denpasar.

Sementara peserta yang dilibatkan dalam pengabdian kali ini adalah mahasiswa serta dosen Unhi yang berjumlah kurang lebih 100 orang. (kbh2)

Related Posts