October 14, 2024
Pariwisata

Desa Wisata Academy XVI, Diikuti Sulawesi Selatan dan Kalimantan Utara

Gianyar-kabarbalihits

Yayasan Desa Wisata Nusantara (Dewisnu) Foundation kembali menggelar Train of Trainer (TOT) Konsultan Desa Wisata yang kali ini telah menginjak angkatan ke-XVI. Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 20 hingga 23 Oktober 2022 ini memiliki tujuan utama, yakni mencentak para Trainer (pelatih) pengembangan desa wisata yang diikuti sebanyak 19 peserta dari anggota dan dinas pariwisata Kabupaten Bulukumba Provinsi Sulawesi Selatan dan Dinas Pariwisata Kabupaten Tana Tidung Provinsi Kalimantan Utara.

Ketua Umum Dewisnu Foundation, Dr. Mangku Nyoman Kandia mengatakan, tema yang diusung pada kegiatan kali adalah “Local Champion Dalam Membangun Desa Wisata”. Dijelaskan, selama 4 hari kegiatan dilakukan di kantor pusat Dewisnu Foundation yang terletak di Desa Wisata Mas, Ubud, Gianyar. Peserta akan mendapatkan berbagai modul pembelajaran terkait aspek-aspek pengembangan desa wisata.

“Seperti bagaimana semestinya menjadi trainer professional, pemahaman tentang seperangkat aturan di desa, arti penting desa wisata dalam peningkatan ekonomi warga desa, membuat home stay unik, digital marketing pengetahuan  guide lokal, cara membuat paket-paket tur di desa, table manner dan ilmu kuliner yang biasa diimplementasikan di desa. Tak kalah penting tentang peran UMKM dalam desa wisata,” papar Kandia seusai pembukaan DEWA ke XVI, jumat (21/10).

Para mentor yang  dihadirkan dalam TOT ini adalah  H. Hadi Sucahyono, S.IP, M.Si dari Kudus Jawa Tengah sekaligus menjabat sebagai Sekretaris Umum Dewisnu Foundation, Nurdin Gustaf dari LSPR Bali sebagai mentor dibidang branding dan digitalisasi desa wisata, Ketut Wirabawa tentang table manner, Hadi Pradnyana mengenai berbagai aturan dalam desa wisata dan Dr. Mangku Kandia membawakan materi menjadi lokal guide serta membuat paket-paket desa wisata.

Baca Juga :  Pelaku Pariwisata di Bali Datangi Kantor Gubernur, Minta Pemerintah Pintu Pariwisata Segera Dibuka

Peserta juga akan diajak mengunjungi desa-desa wisata yang telah mandiri di Bali sebagai benchmarking seperti Ubud, Desa wisata Kedisan, Kintamani, Desa Wisata Penglipuran dan  daya Tarik wisata Tanah Lot. Rombongan dari Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan didampingi langsung oleh H. Safiuddin, S.Sos.,MM selaku Anggota DPRD sekaligus Kepala Dewisnu Foundation Kab. Bulukumba dan Mas Apriyan Noor sebagai Kabid Pariwisata, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kab. Tana Tidung Kalimantan Utara.(kbh2).

Related Posts