October 26, 2024
Daerah

Berpartisipasi Dalam Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat, Kepala Perpusnas Apresiasi Perpustakaan Desa Tegal Harum

Denpasar – kabarbalihits 

Perpustakaan Sastra Mahottama Desa Tegal Harum ikut berpartisipasi dalam kegiatan peningkatan indeks literasi masyarakat untuk kesejahteraan yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Denpasar bersama Perpustakaan Nasional, Selasa (18/10/2022) di gedung Dharma Negara Alaya Denpasar. Peran aktif Perpustakaan Sastra Mahottama mendapat apresiasi positif dari Kepala Perpustakaan Nasional, Muhammad Syarif Bando. 

Dalam kegiatan peningkatan indeks literasi masyarakat, Perpustakaan Sastra Mahottama Desa Tegal Harum menampilkan sejumlah koleksi buku serta anjungan untuk mengakses layanan perpustakaan digital. Disamping itu, ditampilkan juga produk dari daur ulang sampah plastik, yang merupakan hasil dari program inklusi sosial Perpustakaan Sastra Mahottama. Hal tersebut mendapat apresiasi dari Kepala Perpustakaan Nasional, Muhammad Syarif Bando. 

Menurut Muhammad Syarif Bando, apa yang dilakukan oleh Perpustakaan Sastra Mahottama Desa Tegal Harum sangat sesuai dengan peran perpustakaan dalam peningkatan literasi masyarakat, yang tidak hanya sekedar kemampuan membaca buku tetapi juga meningkatkan kemampuan memproduksi barang dan jasa. 

“Saya memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada Perpustakaan Desa Tegal Harum yang telah secara nyata bisa memulai menunjukkan bahwa literasi adalah kemampuan memproduksi barang dan jasa. Saya tahu bahwa semua produk yang diciptakan oleh Perpustakaan Desa Tegal Harum itu masih dalam skala home industry, tetapi itu adalah awal yang sangat bagus untuk memberikan kontribusi dalam merespon pemulihan ekonomi pasca pandemi covid 19. Terus maju bergerak dan terus kita mendidik masyarakat untuk memiliki kemauan, komitmen, dan motivasi yang tinggi untuk membekali diri dengan kemampuan memproduksi barang dan jasa,” ungkap Syarif Bando. 

Baca Juga :  Kontes Koi Merah Putih Tingkat Nasional Meriahkan HUT Ke-77 RI

Selain Perpustakaan Sastra Mahottama Desa Tegal Harum, dalam kegiatan ini ditampilkan juga sejumlah produk-produk UMKM yang ada di kota Denpasar. Kegiatan peningkatan indeks literasi masyarakat untuk kesejahteraan dihadiri oleh Walikota Denpasar, I G.N. Jaya Negara, Wakil Walikota, I Kadek Agus Arya Wibawa, serta 150 peserta yang hadir secara langsung dan 5000 peserta yang mengikuti secara daring. 

Dalam kegiatan ini dilakukan diskusi terkait peningkatan literasi masyarakat, dan dirangkaikan juga dengan pengukuhan Ny. Sagung Antari Jaya Negara sebagai Bunda Literasi Kota Denpasar, serta  peluncuran layanan perpustakaan digital Jnana Yasa. (kbh7)

Related Posts