October 14, 2024
Daerah Seni Budaya

Galeri Zen1 Denpasar Pamerkan Lukisan 4 Seniman Ternama

Denpasar-kabarbalihits

Berselang satu hari setelah pembukaan Pameran Tunggal karya Masdibyo di Galeri Zen1 Kuta, Galeri Zen1 kembali menggelar pameran seni lukis di Galeri Zen1, Jalan Bypass Ngurah Rai No. 86 Kesiman, Denpasar (16/10/2022).

Berbeda dengan pameran sebelumnya, Galeri Zen1 membuka pameran lukisan yang diikuti oleh beberapa seniman ternama asal Indonesia, diantaranya Hani Santana, Klowor Waldiyono, Masdibyo dan Nanang Widjaya.

Pameran lukisan yang mengusung tema ‘Sandiya’ yang diartikan Seni ini, dibuka resmi oleh Sutjipto Adi seniman ternama dari Bali.

Direktur Galeri Zen1, Nicolaus F Kuswanto mengatakan, hal ini menjadi kesempatan baik berkolaborasi dengan para seniman ternama, dan karyanya dapat ditampilkan di Bali.

“Saya berharap juga galeri-galeri lain juga melakukan hal yang sama. Kolaborasi dengan Masdibyo pertama kali, dengan Mas Nanang dua kali, yang lainnya belum pernah,” katanya.

Pihaknya menargetkan, sebagai sistematik galeri tentunya bisa dikoleksi oleh para kolektor. Namun pada misinya, pesan yang disampaikan tertuju pada pihak yang membutuhkan seperti pecinta seni pada umumnya.

“Jadi istilahnya ada permasalahan ekonomi dan masalah edukasi,” ujarnya.

Dari 30 karya lukisan empat seniman yang ditampilkan dalam group paintings exhibition ini, ia terkesima dengan karya Masdibyo. Beralasan secara pribadi menyukai gaya dimension, baginya goresan dimensi-dimensi yang dihasilkan seperti nyata dan memiliki makna yang mendalam.

“Buat saya itu skill teknik yang tinggi, dan pesan dibalik karya seperti garis-garis kehidupan manusia. Manusia mempunyai garis-garisnya sendiri, ini pesan yang dalam,” pungkasnya.

Sementara Masdibyo menyampaikan, penilaian terhadap lukisan yang berbeda karakter dikembalikan pada peminat seni masing-masing. Sebab pemahaman pada suatu karya tidak selalu sama.

Karya-karya ditampilkan di galeri Zen1 Denpasar dikatakan masih berkaitan dengan karya sebelumnya yang ditampilkan di galeri Zen1 Kuta. Diakui karyanya lahir di masa pandemi Covid 19 melanda dengan mengungkapkan keresahan di masa itu, yang dinamakan Victoria virus.

Justru karya Victoria virus baru pertama kali dipamerkan di Indonesia, khususnya Bali. Karena sebelumnya karya Masdibyo ngehits di Korea.

“Yang namanya victoria virus bukan virus Covid. Saya membuat virus untuk menangkal itu, bahwa virus saya adalah virus keberhasilan,” ujarnya.

Pameran Group Paintings ini berlangsung dari 16 Oktober 2022 hingga 10 November 2022.

Baca Juga :  Wina Holiday Villa Kuta Tutup Operasional, FSP Bali Tuntut Kepastian Nasib Pekerja dan Pembayaran Dana Pensiun 2 Tahun Tak Dibayarkan

Diketahui bersama, Galeri Zen1 ini memiliki dua galeri, yang utama berada di Galeri Zen1 Kuta yang berlokasi di Ruko Tuban Plaza No. 50, Jalan Bypass Ngurah Rai, Tuban, Kuta, dan yang kedua di lantai 3 Second Floor Coffee, Jalan Bypass Ngurah Rai No. 86 Kesiman, Denpasar. (kbh1)

Related Posts