October 14, 2024
Seni Budaya

Ribuan Krama Desa Adat Ungasan Ikuti Melasti Meayu Ayu

Badung – Kabarbalihits

Komitmen secara konsisten untuk melaksanakan Dresata Adat dan Budaya benar- benar diwujudkan Desa Adat Ungasan Kecamatan Kuta Selatan. Minggu 9 Oktober 2022 Desa Adat dibawah kepemimpinan Jro Bendesa, Wayan Disel Astawa ini melakasanakan upacara Melasti Meayu ayu ke Pantai Melasti desa Adat setempat. Upacara yang dimaksudkan sebagai wujud syukur dan terima kasih kepada Ida Betara ini  Nedunang Ida Betara Kahyangan Tiga dengan diiringi Paibon, Panti, Merajan hingga Tapakan Pura Swagina di Desa Adat Ungasan.

Prosesi Melasti Meayu Ayu diawali dengan nedunang Ida Betara di masing – masing pura maupun paibon untuk selanjutnya ke iring  Parum di Pura Desa Adat Ungasan untuk selanjutnya melasti ke Pantai Melasti Desa Adat Ungasan.

Ditemui disela upacara, Pangliman Desa Adat Ungasan, Made Suada menyampaikan Upacara Melasti Meayu Ayu sesuai dresta kuna Desa Adat Ungasan juga disebut Melasti Bungan Sangiang sebagai wujud syukur dan terima kasih kepada Ida Betara dan Betari sane maparahyangan ring jagat, khususnya di Desa Adat Ungasan yang telah  mapaica kerahayuan dan kemakmuran. “Antuk punika krama sareng sami ngaturang parama suksma angayu bagia majeng linggih Ida sane maparahyangan khususnya di Desa Adar Ungasan. Asapunika Ida Betara Hyang Parama Kawi ledang mapaica,”ucapnya.

Made Suada juga menjelaskan Melasti Meayu Ayu juga bertujuan menghaturkan persembahan berupa hasil bumi dari tumbuh – tumbuhan yang tumbuh dan berbuah di Desa Adat Ungasan kepada sang pencipta yakni Tuhan Yang Maha Esa.”Palabungkah,Palagantung Palawija sane jagi kaatur malarapan upacara puniki,”jelasnya. Made Suada yang didampingi sejumlah prajuru dan pemangku menegaskan berharap dengan pelaksanaan upakara ini berharap Krama Desa Adat Ungasan memperoleh kerahayuan lan kerahajengan serta senantiasa bersatu berlandaskan gotong royong sagilik saguluk, paras paros sarpanaya.

Baca Juga :  Pemkab Buleleng Kaji Lebih Lanjut Proses Hibah Eks KRI Ki Hajar Dewantara

“Upacara ini juga bentuk komitmen Jro Bendesa Adat Ungasan, Wayan Disel Astawa untuk melaksanakan dresta,adat dan budaya di Desa Adat Ungasan,”tegasnya.

Sementara, Prosesi Melasti Meayu Ayu yang diikuti ribuan Krama Desa Adat Ungasan dengan berjalan kaki menuju Pantai Melasti tempat dilaksanakannya upacara, menjadi pemandangan menarik bagi wisatawan yang sedang berkunjung ke Pantai Melasti Ungasan.(kbh6)

 

Related Posts